Kue Tradisional Indonesia
Kue Tradisional Indonesia

Indonesia merupakan salah satu Negara yang mempunyai banyak sekali kebudayaan dan beragam bahasa. Selain itu juga, Indonesia ini merupakan Negara yang terkenal dikancah internasional dengan makanan khas tradisionalnya.

Dalam arikel ini akan kami ulas pembahasan tentang kue tradisional Indonesia yang sangat mendunia. Berikut ulasannya :

Kue Tradisional Indonesia
Kue Tradisional Indonesia
  • Lapis Legit

Siapa yang tidak tahu kue lapis legit. Kue ini memiliki lapisan-lapisan yang bertekstur lembut dan bercita rasa manis. Dalam bahasa Jawa, legit itu artinya manis. Kue lapis legit ini dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Banyak kalangan menyukai kue ini karena cita rasanya yang khas dan tidak bikin enek. Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung, kuning telur, gula, dan mentega atau margarin.

  • Klepon

Klepon merupakan kue tradisional khas Indonesia yang dapat ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia. Kue ini bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. Bentuk kue ini bulat kecil berwarna hijau dengan isian gula merah dan parutan kelapa di luarnya. Rasa kue ini gurih, namun ketika kue ini digigit, akan ada rasa manis dari lelehan gula merah di dalamnya.

  • Putu Mayang

Kue tradisional Indonesia ini memiliki bentuk dan warna yang menarik karena dibuat dengan beragam warna. Warna-warni kue ini didapatkan dari pewarna alami. Kue ini terbuat dari ubi merah. Cara makannya biasanya ditaburi dengan kelapa atau ditambah dengan santan gula jawa.

  • Gethuk

Kue yang dibuat dari bahan dasar singkong ini memiliki rasa gurih dan manis dengan taburan kelapa di atasnya. Kue yang satu ini bahkan dijadikan sebuah lagu. “Gethuk asale soko telo”, begitulah penggalan lirik dari lagu gethuk ini. Kue ini banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah, biasanya dijajakan keliling.

  • Wajik

Nama kue wajik tampaknya lebih terkenal di Jawa Tengah. Sementara di Sumatera, kue wajik ini disebut pulut manis. Kue tradisional Indonesia dengan cita rasa manis ini memiliki tekstur lengket ketika dipegang. Wajik terbuat dari bahan dasar ketan dan gula. Gula yang dipakai sebagai bahan dasar wajik merupakan gula merah sehingga memberikan warna cokelat muda hingga cokelat tua pada kue ini.