Berlian Miss Mondial
Berlian Miss Mondial

Diamond is woman’s best friend. Sebuah ungkapan yang sangat sering di dengar. Ungkapan ini sungguh benar, bahwa berlian akan semakin menambah kecantikan dan cahaya si penggunanya. Jika Anda mencari sahabat terbaik, berlian Miss Mondial wajib menjadi salah satu koleksi perhiasan.

Berlian Miss Mondial memiliki pantulan cahaya yang sangat indah. Selain itu spektrum cahaya yang dihasilkan juga sangat bening. Keindahan berlian ini, mampu menambah kemewahan tampilan Anda jika dibandingkan dengan jenis perhiasan lainnya. Ada empat hal yang menjadi penentu harga jual sebuah berlian. Semakin lengkap ponsel yang dimiliki, maka semakin melangit-lah harganya.

Cutting atau Asahan

Kualitas berlian yang pertama dilihat dari jenis cutting yang dimilikinya dan akan terlihat pada pantulan cahaya yang dihasilkan sangat sempurna. Tingkat presisi asahan berlian yang tepat, serta proporsi, simetris, serta polesan yang baik juga akan menambah nilai sebuah berlian.

Jika Anda ingin menilai kualitas sebuah berlian dengan cutting yang tepat, bisa dengan melakukan interaksi antara berlian dan cahaya. Dari penilaian ini akan dihasilkan efek visual sebagai berikut:

  • Kecerahan yang dihasilkan berupa cahaya berwarna putih di bagian dalam dan luar berlian.
  • Tampilan sinar menyerupai api berwarna putih dan merata ke semua warna pelangi yang dihasilkan oleh pantulan berlian.
  • Kilat yang dihasilkan oleh berlian berkualitas baik, biasanya dapat dilihat jumlah kilau yang dihasilkan oleh berlian. Kemudian ada muncul area terang dan gelap yang memiliki pola khusus. Hal ini merupakan akibat dari pantulan cahaya yang ada di dalam berlian tersebut.

Colour atau Warna

Tidak adanya warna pada berlian, sangat menentukan kualitas permata ini. Jika berlian tersebut semakin jernih dan warna yang terlihat sangat sedikit, makan dapat dipastikan berlian tersebut berkualitas sangat baik. Biasanya, berlian dengan kualitas super tidak memiliki pendaran warna, sangat bersih, dan murni seperti tetesan air.

Sebagai informasi pelengkap bagi Anda, perbedaan warna pada berlian tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Itu sebabnya hanya dapat diketahui oleh para ahli yang telah melalui pelatihan khusus dengan menggunakan alat tertentu. Perbedaan warna pada berlian, sangat menentukan besar kecilnya harga jual.

Clarity atau Kejernihan

Semakin jernih sebuah berlian (tidak memiliki noda atau cacat), maka harga jualnya akan sangat tinggi. Tingkat kejernihan dari berlian dibagi ke dalam beberapa penilaian khusus, seperti di bawah ini:

  • Flawless (FL)

Berlian dengan  tingkat kejernihan ini tidak memiliki cacat atau noda kecacatan  yang terlihat pada 10 kali pembesaran.

  • Internally Flawless (IF)

Pada pembesaran sebanyak 10 kali, juga tidak ditemukan noda atau cacat pada berlian.

  • Very Very Slightly Included (VVS1 and VVS2)

Cacat atau noda ada, namun sangat sulit terlihat meskipun dilakukan oleh para ahli dengan pembesaran sebanyak 10 kali.

  • Very Slightly Included (VS1 and VS2)

Cacat berlian dapat dilihat pada 10x pembesaran. Hanya saja jenis cacat ini  dapat dikategorikan hanya sebuah kekurangan minor saja.

  • Slightly Included (SI1 and SI2)

Cacat atau noda sangat mudah terlihat ketika dilakukan 10x pembesaran.

  • Included (I1, I2, and I3)

Cacat atau noda terlihat dengan sangat jelas pada saat pembesaran 10 kali. Hal ini tentu saja mempengaruhi warna dan kejernihan sebuah berlian.

Selain ketiga poin tersebut di atas, carat atau bobot berlian juga sangat mempengaruhi kualitasnya. Memilih berlian Miss Mondial, merupakan pilihan tepat bagi Anda pecinta permata satu ini!