cara mencegah malnutrisi pada anak
cara mencegah malnutrisi pada anak

Anak yang cerdas dan berprestasi merupakan dambaan setiap orang tua, tentu harus didukung dengan kesehatan fisiknya. Dengan mengetahui cara mencegah malnutrisi pada anak, ibu dapat memberikan nutrisi yang tepat untuk perkembangan tubuh si kecil. Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu memaksimalkan kecerdasan anak.

1. Gandum

Gandum ini mengandung glukosa yang bersifat konsisten, yakni asupan yang dibutuhkan oleh otak agar berkembang dengan baik. Terdapat juga serat tinggi yang memperbaiki sistem pencernaan tubuh. Berikan roti gandum atau sereal dari Nestle untuk sarapan agar anak siap mengawali harinya dengan berenergi. 

cara mencegah malnutrisi pada anak
cara mencegah malnutrisi pada anak

(source:https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2018/06/22/49e80ead-d177-4822-a4fc-266eabb0398c.jpeg?w=700&q=90)

2. Sayur 

Banyak sekali jenis sayuran, semakin segar dan cerah warnanya, berarti semakin tinggi kandungan antioksidan di dalamnya. Yang dipercaya dapat menjaga kekuatan serta membran sel pada anak, sehingga akan memaksimalkan kecerdasannya. Contohnya seperti bayam, wortel, labu, tomat, atau ubi jalar merah. Rajin mengonsumsi sayur juga merupakan salah satu cara mencegah malnutrisi pada anak. 

3. Ikan 

Ikan memang terkenal kaya manfaat dalam meningkatkan kecerdasan otak, khususnya yang mengandung asam lemak. Misalnya ikan salmon, memiliki kandungan omega 3 yang tinggi guna mengoptimalkan pertumbuhan otak anak. Juga terdapat DHA yang akan membantu pembentukan jaringan saraf, perkembangan sensori, kognitif, serta motorik selama masa pertumbuhan otak. Omega 3 juga banyak terkandung dalam susu, seperti pada produk Nestle. 

4. Kacang

Kacang-kacangan mengandung sumber protein, vitamin E, serta antioksidan yang bisa melindungi membran sel otak dari radikal bebas. Selain itu juga terdapat zat besi yang akan membantu anak tetap berenergi dan berkonsentrasi saat beraktivitas belajar ataupun bermain.

Jenis kacang yang baik untuk otak ialah Almond dan Macademia. Namun, perlu diperhatikan, beberapa anak memiliki alergi terhadap kacang, untuk itu diperlukan konsultasi dengan dokter jika terjadi gatal setelah mengonsumsinya. 

5. Telur 

Telur dapat menjadi sumber protein, bagian kuningnya mengandung kolin yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Menurut penelitian, anak-anak membutuhkan sekitar 200 sampai 357 miligram kolin setiap hari. 

Kelima makanan di atas wajib dikonsumsi anak dengan takaran yang baik dan tepat sebagai cara mencegah malnutrisi pada anak. Pastikan juga agar anak selalu sarapan pagi sebelum beraktivitas agar tubuhnya kuat sehat, serta otak yang cerdas.