cyber security indonesia
cyber security indonesia

Teknik Informatika menjadi salah satu program studi dengan prospek karir cemerlang mengingat saat ini segala bentuk kegiatan membutuhkan teknologi di dalamnya. Salah satu bidang dengan banyak peminat yaitu cyber security yang berkaitan dengan perlindungan jaringan maupun komputer. Nah, kira-kira dimana tempat kuliah cyber security Indonesia terbaik? Berikut penjelasan lengkapnya.

Prospek Karir Kuliah Cyber Security

Cyber security istilah yang digunakan untuk menyebutkan sebuah teknologi khusus untuk melindungi program, data, jaringan ataupun komputer dari segala bentuk kerusakan dan hacking. Secara gampangnya, teknologi ini digunakan untuk melindungi segala bentuk informasi dari cyber attack.

cyber security indonesia
cyber security indonesia

Pada dasarnya, program studi ini akan mengajarkan teknik merancang sistem pelindung, teknik pertahanan, pengujian sistem serta teknik meretas. Teknik peretasan ini hanya bisa dilakukan untuk kegiatan yang sesuai hukum (etikal) sehingga tidak merugikan orang lain.

Seiring dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi, ancaman cyber attack pun semakin merajalela. Untuk itu, diperlukan banyak tenaga ahli yang kompeten dalam bidang cyber security sehingga peluang kerja di jurusan ini sangatlah besar. Menariknya lagi, pekerjaan ini juga menawarkan gaji tinggi sehingga bisa dibilang prospek karirnya sangat menguntungkan.

Program cyber security sendiri memiliki banyak pilihan karir yang dapat dipilih sesuai skill Anda. Beberapa pilihan karir yang dapat dicoba yaitu Penetration Tester, Secure Software Developer, Computer Security Architect, Network Security Administrator, Cyber Intelligence Officer dan Information Security Analyst. Selain itu, alumni bidang ini juga memiliki peluang untuk menjadi akademisi di cyber security.

IDS College Digital, Solusi Tepat Kuliah Cyber Security di Indonesia

Program cyber security merupakan bagian dari kuliah Teknik Informatika, namun lebih fokus pada kegiatan perlindungan di dunia maya. Salah satu lembaga pendidikan yang menyediakan program tersebut yaitu IDS College Digital. Program S1 ini bisa diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK ataupun tingkat sederajat lainnya.

IDS College Digital merupakan institut pendidikan tinggi yang berfokus pada bidang teknologi dengan menerapkan sistem pendekatan Real World Project. Selain perkuliahan di kelas dalam bentuk materi, nantinya setiap mahasiswa akan diarahkan untuk membuat proyek-proyek yang berkaitan dengan program peminatan. Proyek tersebut disesuaikan dengan kondisi dunia kerja saat ini sehingga nantinya alumnus tidak akan kaget ketika memasuki dunia tersebut.

Untuk peminatan cyber security, mahasiswa akan diberikan beberapa matakuliah pilihan seperti Artificial Intellegence, Algorithm Design and Analysis, Network Penetration Testing, Shell Scripting, Database System, Cyber Law, Network Administration, Software Security, Network Cryptography, Secure Programming, Human and Computer Interaction dan Computer Forensic.

Selain itu, ada juga mata kuliah Pemrograman Dasar dan Computer Security Foundation. Selain beberapa materi terkait pemrograman dan perlindungan, setiap mahasiswa juga akan diberikan bimbingan kreativitas maupun kemampuan dalam menyelesaikan masalah (problem solving). Jadi, skill yang dimiliki oleh mahasiswa cyber security pun akan semakin berkembang.

Selain menyuguhkan metode pembelajaran efektif, IDS Digital College juga telah bekerjasama dengan PSG School of Technology di India untuk menciptakan kurikulum berstandar internasional. Bahkan, setiap mahasiswanya juga diberikan penanaman jiwa entrepreneurship sehingga mampu menciptakan startups di bidangnya.

Selain cyber security, lembaga pendidikan ini juga menawarkan beberapa peminatan lainnya di bidang teknologi seperti MAG (mobile Apps & Games Development) dan (SE) Software Engineering. Untuk bisa bergabung dengan sekolah digital IDS, Anda harus lulus seleksi masuk terlebih dahulu.

Nah, itulah tadi ulasan lengkap terkait prospek kerja dan tempat kuliah cyber security Indonesia yang dapat dijadikan referensi. Semoga bermanfaat.