perbedaan laktosa dan sukrosa
perbedaan laktosa dan sukrosa

Pemberian susu pertumbuhan untuk anak memang penting untuk membantu proses tumbuh kembangnya. Apabila diperhatikan pada komposisi atau kandungan gizi yang terdapat pada kemasan susu, bunda mungkin akan menemukan laktosa atau sukrosa di dalamnya. Kandungan zat gizi tersebut termasuk dalam jenis gula, atau karbohidrat sederhana. Namun, antara laktosa dan sukrosa memiliki suatu perbedaan. Bunda perlu untuk mengetahui perbedaan laktosa dan sukrosa agar bisa memilih kandungan gizi yang baik untuk si Buah Hati.

Sebenarnya, gula merupakan bagian yang cukup penting dalam nutrisi tubuh sebagai sumber energi dalam melakukan berbagai aktivitas. Namun, konsumsi gula secara berlebih bisa membawa dampak negatif pada tubuh seperti obesitas. Mungkin bunda sering mendengar kandungan laktosa atau gula susu pada susu pertumbuhan. Laktosa terbentuk dari dua penyusun utama yaitu galaktosa dan glukosa. Berbeda dengan laktosa, sukrosa terbuat dari gabungan dua monosakarida yaitu glukosa dan fruktosa. 

perbedaan laktosa dan sukrosa
perbedaan laktosa dan sukrosa

Perbedaan laktosa dan sukrosa bisa dilihat dari sumbernya, dimana laktosa bisa ditemukan dalam susu murni. Sedangkan sukrosa bisa ditemukan pada gula pasir, sirup dan lainnya. Kandungan sukrosa yang berlebihan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Serta meningkatkan kadar cadangan lemak di dalam tubuh. Hal tersebut yang menjadikan sukrosa sebagai gula yang kurang baik untuk dikonsumsi apalagi secara berlebihan. Karena sukrosa memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kasus obesitas, diabetes, hingga kolesterol.

Kandungan laktosa memang cukup sering didengar dalam kandungan susu pertumbuhan. Perbedaan laktosa dan sukrosa memang cukup berbanding terbalik. Dimana laktosa sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi buah hati. Sedangkan sukrosa sebaiknya dihindari dan tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya. Selain dapat melengkapi kebutuhan nutrisi buah hati anda, kandungan laktosa memiliki beberapa manfaat diantaranya:

1. Sebagai Sumber Energi

Laktosa menjadi salah satu sumber energi yang baik untuk memulai aktivitas si Buah Hati. Karena laktosa merupakan bagian dari karbohidrat.

2. Dukung Perkembangan Bakteri Baik 

Laktosa di dalam usus akan dimanfaatkan oleh bakteri baik sebagai prebiotik. Prebiotik memiliki fungsi untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

3. Mengoptimalkan Penyerapan Kalsium dan Zat Besi

Laktosa juga berperan untuk mendukung penyerapan kalsium dan mineral lainnya yang masuk ke dalam tubuh dengan baik.

4. Membantu Perkembangan Otak dan Sistem Saraf

Galaktosa yang merupakan molekul pada laktosa penting dalam pembentukan galaktolipid. Dimana galaktolipid ini berperan untuk membantu perkembangan otak serta pertumbuhan sistem saraf pusat buah hati.

Untuk melengkapi nutrisi buah hati di masa pertumbuhannya, berikan ia susu pertumbuhan yang memiliki nutrisi lengkap. Dancow 1+ dengan nutritods merupakan susu pertumbuhan khusus yang diformulasikan untuk anak usia 1-3 tahun. Dengan kandungan sukrosa 0 gram, dan lebih banyak kandungan laktosa, akan memberikan manfaat perlindungan yang baik untuk buah hati. Lindungi masa pertumbuhan si Buah Hati dan dukung eksplorasinya dengan Dancow 1+.