makanan bernutrisi tinggi

Masa tumbuh kembang hanya terjadi satu kali seumur hidup pada setiap orang. Bahkan, ada satu masa di mana si kecil mengalami tumbuh kembang yang sangat signifikan dan disebut dengan istilah periode keemasan. Di masa tumbuh kembangnya, mereka membutuhkan asupan makanan bernutrisi tinggi.

Masa periode emas berlangsung mulai dari 1 hingga 5 tahun. Kenapa harus memberi kandungan nutrisi yang tinggi? Pasalnya, kebutuhan nutrisi anak 5 kali jauh lebih besar dari orang dewasa. Berikut kami jelaskan makanan bernutrisi apa saja yang bagus untuk anak-anak:

makanan bernutrisi tinggi
Makanan bernutrisi tinggi

1.  Brokoli

Sayuran hijau ini mengandung vitamin C, A, K, dan E. Brokoli juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Sangat cocok diberikan pada anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang.

Sayur ini juga memiliki kandungan asam folat dan selenium. Dua kandungan tersebut bagus untuk mencegah kanker.

2.  Telur Ayam

Telur adalah makanan yang paling mudah diolah. Cocok sebagai menu sarapan anak. Di dalam satu butir telur terdapat kandungan lutein, zeaxanthin, vitamin B12, dan asam folat yang dapat menjaga kesehatan saraf.

Telur juga bagus untuk perkembangan otak anak. Karena, di dalam satu butir telur juga mengandung asam amino.

3.  Daging Ikan

Ikan adalah salah satu protein hewani yang bagus untuk anak-anak. Selain tidak memiliki kandungan lemak jenuh, ikan juga memiliki kandungan omega 3, AHA, dan DHA. Kandungan-kandungan ini bagus untuk perkembangan otak si kecil.

Jenis daging ikan yang bagus untuk tumbuh kembang anak adalah tuna, lele, patin, ikan kembung, salmon dan tongkol.

4.  Makanan Olahan dari Kedelai

Ada dua jenis makanan olahan dari kedelai yang populer, yaitu tahu dan tempe. Makanan olahan dari kedelai ini bagus untuk menunjang pertumbuhan anak. Bahkan, kedua jenis olahan kedelai tersebut memiliki kandungan serat, kalsium, zat besi, dan nabati.

Tahu dan tempe juga kaya akan omega 6. Kandungan ini sangat penting sekali untuk tubuh si kecil karena bisa menjaga sistem kekebalan tubuh.

5.  Daging Ayam

Selain daging ikan, daging ayam juga bisa menjadi pilihan asupan protein hewani bagi anak-anak. Namun, pilihlah jenis daging dengan kadar lemak rendah, seperti daging di bagian dadanya.

Daging ayam bagus untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang si kecil. Bahkan, daging ini juga kaya akan vitamin B yang bagus untuk fungsi kulit dan perkembangan si kecil.

6.  Sayur Wortel

Makanan ini dikenal sebagai sayur yang kaya akan kandungan vitamin A. Selain itu, wortel juga kaya akan serat yang bagus untuk pencernaan dan mencegah sembelit pada si kecil. Bahkan, kandungan pada sayuran ini sangat bagus untuk mencegah peradangan otak.

Di dalam 100 gram wortel juga terdapat kandungan gula alami. Kandungan gula ini bagus sekali untuk sumber energi si kecil.

7.  Jeruk dan Buah-Buahan Beri

Jeruk dan berbagai buah-buahan beri seperti bluberi, stroberi, dan sejenisnya. Buah-buahan ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin tersebut bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dri radikal bebas. Di lain sisi, kandungan ini juga bagus untuk penyerapan zat besi dari makanan. Bahkan, vitamin C juga bagus untuk pembuluh darah dan kesehatan jantung.

Nah, itulah berbagai makanan bernutrisi tinggi untuk anak-anak. Banyak sekali kandungan yang dapat menjaga kesehatan dan bagus untuk tumbuh kembangnya. Selain itu, Anda juga bisa mengoptimalkannya dengan memberi susu yang bagus untuk nutrisi anak.