kuliah kelas karyawan

Biaya kuliah menjadi kendala bagi sebagian besar orang yang ingin melanjutkan pendidikan. Kebanyakan dari mereka kemudian lebih memilih kuliah sambil kerja agar bisa membayar biaya kuliah yang terbilang mahal. Adanya kuliah kelas karyawan sangat membantu mahasiswa yang ingin bekerja untuk mendapatkan biaya kuliah. Seperti namanya, kelas ini memang dibuat agar para karyawan masih bisa melanjutkan pendidikan meskipun memiliki tanggung jawab untuk bekerja.

Apabila ingin kuliah sambil kerja, kelas karyawan sangat direkomendasikan untuk Anda. Namun sebelum mengambil kelas ini, Anda perlu mengetahui serba-serbi kelas karyawan berikut ini:

Serba-serbi Kelas Karyawan

kuliah kelas karyawan
kuliah kelas karyawan

Salah satu kesulitan terbesar dalam menjalankan kuliah sambil bekerja adalah membagi waktu. Agar bisa membagi waktu dan melakukan pertimbangan dengan baik, Anda perlu mengetahui berbagai hal mengenai kelas karyawan. Pasalnya tidak sedikit mahasiswa yang akhirnya berhenti kuliah karena merasa tidak mampu menjalankan keduanya secara bersamaan.

  • Waktu perkuliahan

Kuliah reguler adalah sistem perkuliahan biasa yang sering Anda temui. Pada sistem perkuliahan ini, mahasiswa akan belajar mulai dari pagi hari hingga sore hari. Ada kelas di malam hari namun biasanya hanya karena beberapa kondisi saja. 

Berbeda dengan kelas karyawan, mahasiswa akan belajar di jam-jam yang tidak produktif. Pada umumnya semua kegiatan pembelajaran akan dilakukan di malam hari. Beberapa perguruan tinggi juga mengadakan kelas karyawan di akhir pekan. Tujuan dari jam perkuliahan ini yaitu agar tidak mengganggu jadwal kerja mahasiswa.

  • Lama studi

Masa studi mahasiswa reguler untuk program Sarjana kurang lebih 4 tahun. Sama seperti mahasiswa reguler tersebut, kebanyakan perguruan tinggi di Indonesia juga mengharuskan mahasiswa kelas karyawan untuk menempuh pendidikan selama 4 tahun. 

Namun saat ini ada juga beberapa kampus yang menawarkan waktu tempuh studi yang lebih singkat. Mereka yang sudah memiliki gelar diploma sebelumnya bisa melanjutkan pendidikan S1 dengan waktu yang lebih singkat.

  • Tugas yang diberikan

Meskipun kampus sadar akan kesibukan para mahasiswa yang berstatus karyawan, namun mahasiswa tetap akan diberikan tugas-tugas oleh dosen. Akan tetapi dibandingkan dengan kelas reguler, dosen dari kelas karyawan lebih mentoleransi keterlambatan pengumpulan tugas mahasiswa.

Rekomendasi Perguruan Tinggi dengan Kelas Karyawan

Tidak semua perguruan tinggi di Indonesia menawarkan kelas karyawan. Oleh sebab itu, Anda perlu lebih cermat dalam memilih perguruan tinggi terbaik agar perjuangan yang dilakukan tidak sia-sia. STMIK Indo Daya Suvana atau IDS Digital College adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menerima mahasiswa kelas karyawan. Perguruan tinggi ini sendiri terletak di kota Jakarta Selatan.

Ada beberapa kelebihan kuliah kelas karyawan di IDS Digital College, di antaranya yaitu:

  1. Kurikulum bertaraf internasional karena bekerja sama dengan universitas luar negeri yaitu PSG School Of Technology dari India.
  2. Kurikulum bertaraf internasional yang dihadirkan membuat sistem pembelajaran yang diterima mahasiswa setaraf mahasiswa internasional. Dengan begitu, lulusannya akan lebih siap jika bersaing secara global.
  3. Menyediakan program studi kekinian di bidang teknologi seperti cyber security dan software engineering.
  4.  Menggunakan sistem pembelajaran berbasis real world assignment dimana mahasiswa akan mendapatkan tugas sesuai industri teknologi saat ini.
  5. Kampus ini didirikan oleh para ahli yang memiliki pengalaman tinggi di bidangnya.
  6. Tidak hanya bekerja di perusahaan saja, lulusannya juga diharapkan memiliki jiwa entrepreneurship yang tinggi. Pasalnya kampus ini mengutamakan jiwa entrepreneurship pada mahasiswa.

Itulah pembahasan mengenai kuliah kelas karyawan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda mempersiapkan diri sebelum kuliah sambil kerja. Pasalnya kuliah dan bekerja secara bersamaan tidak mudah dilakukan. Apabila tertarik dengan kampus IDS Digital College yang direkomendasikan. Kunjungi terlebih dahulu website resminya di ids.ac.id.