menu mpasi

Tidak sulit untuk menemukan rekomendasi menu MPASI yang bisa Anda olah sendiri di rumah. Di internet ada banyak sekali rekomendasi menu yang bisa Anda pilih untuk diolah sendiri sebagai salah satu makanan terbaik untuk anak-anak di masa tumbuh kembangnya.

Namun, sebaiknya jangan asal memilih menu makanan pelengkap ASI atau MPASI untuk anak-anak. Pastikan Anda mengikuti tips berikut ini sebelum Anda memilih dan membuatnya.

1.  Pilih Menu Buah yang Cocok Untuk MPASI

menu mpasi

Buah bisa menjadi menu utama MPASI yang Anda buat. Namun tidak semua buah bisa Anda gunakan untuk MPASI anak. Maka dari itu, pertimbangkan jenis buah yang akan Anda gunakan.

Jenis buah yang cocok untuk MPASI di antaranya seperti pepaya, pisang, alpukat, pir, dan buah naga. Buah-buahan tersebut merupakan jenis buah yang umum digunakan untuk MPASI, meskipun ada beberapa buah lainnya yang juga bisa digunakan.

2.  Memilih Sayur yang Cocok Untuk MPASI

Seperti buah, tidak semua sayuran bisa digunakan untuk MPASI meskipun ada banyak pilihannya. Beberapa sayuran yang cocok untuk MPASI di antaranya seperti bayam, brokoli dan wortel.

3 sayuran tersebut merupakan sayuran yang paling umum dipilih untuk menu makanan si kecil yang sudah berusia 6 bulan. Sayuran sendiri dilengkapi dengan kandungan nutrisi lengkap untuk anak.

3.  Pandai Memilih Karbohidrat yang Cocok

Karbohidrat yang digunakan untuk MPASI tergolong cukup beragam. Anda bisa menggunakan nasi putih, nasi merah, hingga oat atau gandum. Karbohidrat tersebut bisa Anda kombinasikan juga dengan sayuran maupun daging.

4.  Memilih Asupan Protein Hewani yang Cocok

Protein hewani bisa ditemukan di dalam daging. Ada beberapa jenis daging yang bisa Anda gunakan untuk pembuatan MPASI, beberapa di antaranya seperti dada ayam, daging merah atau daging sapi tanpa lemak, dan juga ati ayam. Selain itu, juga bisa Anda tambahkan telur rebus pada MPASI yang akan Anda buat.

Demikian tips pemilihan menu MPASI yang cocok untuk anak-anak di masa tumbuh kembang mereka. Selain makanan, penuhi juga asupan nutrisi anak dengan memberi mereka susu Dancow setiap hari di pagi dan malam hari.