Lidah buaya merupakan tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Dari dulu manfaat lidah buaya di percaya untuk menyuburkan rambut dan untuk perawatan kulit. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi lidah buaya diolah menjadi berbagai macam olahan makanan dan minuman yang tentunya tidak mengurangi khasiat dari lidah buaya itu sendiri. Tidak hanya itu keadaan lidah buaya yang melimpah di Indonesia memaksa seseorang untuk mengeluarkan berbagai ide membuat sesuatu yang baru, terbukti dengan banyaknya berbagai produk kosmetik yang berbahan dasar lidah buaya.

Tanaman yang mirip dengan lidah buaya ini memiliki kandungan enzim dan zat-zat yang berfungsi sebagai anti radang, anti jamur serta dapat membantu proses regenerasi sel-sel dalam tubuh. berikut beberapa manfaat lidah buaya, diantaranya:

  • Dapat mengurangi gatal pada kulit

Kandungan zat yang ada dalam lidah buaya dapat mengurangi rasa gatal pada kulit akibat gigitan serangga maupun alergi. Caranya dengan mengoleskan lendir lidah buaya pada kulit yang gatal, lakukan dua kali sehari hingga rasa gatal tersebut hilang.

  • Dapat mempercepat penyembuahan luka

Luka akibat sayatan pisau dan sebagainya harus lah cepat ditangani. Selain untuk mengurangi rasa sakit juga untuk mencegah timbulnya infeksi. Biasanya itu dilakukan dengan menggunakan obat merah atau plester, jika tidak anda dapat menggunakan lidah buaya. Caranya dengan mengoleskan lendir lidah buaya yang telah dibersihkan terlebih dahulu pada area yang luka. Cara ini dapat menghilangkan rasa perih pada luka bahkan anda akan merasakan sensasi dingin pada luka akibat lendir lidah buaya.

  • Menghilangkan jerawat

Lidah buaya memiliki kandungan yang dapat menghilangkan jerawat yang membandel. Caranya dengan membelah lidah buaya menjadi dua, kemudian daging pada lidah buaya digosokan secara perlahan pada wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa menit sampai ering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur sampai jerawat anda hilang dan sembuh.

  • Merawat kecantikan kulit

Lidah buaya dapat membuat kulit anda terlihat cantik dan sehat. Manfaat lidah buaya bagi kulit diantaranya dapat melembabkan kulit, mencerahkan kulit sehingga tidak kusam, dan dapat mengenyalkan kulit.

 

admin

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *