Permainan Olahraga Tradisional

Indonesia adalah negara yang memiliki segudang jenis permainan yang sangat menarik untuk dimainkan oleh anak – anak. Permainan olahraga tradisional Indonesia memang dikenal sangat beragam sekali dan seru untuk dimainkan bersama – sama teman. Anda yang dulu sempat merasakannya, mungkin tahu bagaimana keseruan bermain permainan khas nusantara yang beberapa diantaranya saat ini masih sering dimainkan.

Selain seru, ternyata permainan tersebut memiliki beberapa manfaat seperti berikut:Permainan Olahraga Tradisional

  1. Kebanyakan jenis permainan olahraga  tradisional ini akan melibatkan banyak teman – teman si kecil. Mereka biasanya membentuk sebuah tim yang mana terbagi menjadi dua tim atau lebih dengan beberapa anggota di dalamnya. Hal ini mampu melatih kerjasama antara anak – anak dan saling membantu untuk memenangkan permainan. Ini pun membantu anak – anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya pada saat bermain.
  2. Semakin sering anak – anak bermain, semakin sering mereka melakukan interaksi dengan lingkungannya yang baru dan semakin banyak juga bergaul dengan teman – temannya. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan dari permainan tersebut untuk melatih si kecil dalam belajar proses interaksi pada lingkungannya.
  3. Dalam permainan olahraga  tradisional yang melibatkan beberapa anggota pada beberapa tim biasanya si kecil dan teman – temannya akan melakukan berbagai aktivitas bersama – sama. Bagi sebagai kawan maupun rival permainannya, disinilah anak – anak akan dilatih untuk meningkatkan kepekaan dirinya agar bisa menghargai teman – temannya atau sesamanya. Maka dari itu, ajaklah anak – anak untuk bermain berbagai macam jenis permainan tersebut karena bermanfaat untuk mereka.
  4. Selain seru, beberapa jenis permainan tersebut bahkan baik untuk kebugaran kesehatan si kecil karena cara memainkannya mengharuskan si kecil untuk melakukan aktivitas gerak. Gerakan – gerakan inilah yang menjadikan mereka bersemangat dan juga sehat sepanjang hari. Salah satu diantaranya adalah gobag sodor yang saat ini sudah menjadi salah satu jenis permainan sekaligus olahraga tradisional di Tanah Air.

Nah, itulah 4 poin penting yang bisa Anda ketahui dari manfaat permainan khas tradisional Tanah Air yang tidak hanya seru tapi juga sangat bermanfaat sekali untuk si kecil sehingga beberapa diantaranya wajib untuk tetap dilestarikan.

Edukasi

By Edukasi

Related Post