Digital strategy marketingDigital strategy marketing

Ketika memiliki sebuah bisnis, Anda pasti ingin bisnis tersebut berkembang pesat sehingga mampu mendatangkan keuntungan yang tinggi. Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan bisnis adalah dengan menjalankan digital strategy marketing atau strategi pemasaran digital. Strategi sangat dibutuhkan dalam pemasaran digital agar bisa memberikan hasil yang maksimal.

Menjalankan pemasaran digital tanpa adanya strategi bisa membuat hal yang Anda lakukan sia-sia. Bahkan bisa saja waktu dan budget Anda terbuang sia-sia karena strategi yang salah. Bagi yang belum berpengalaman, mungkin Anda membutuhkan cara menentukan strategi pemasaran digital yang tepat berikut ini:

Tentukan Tujuan Campaign dengan Jelas

Kebanyakan pebisnis hanya mengenal tujuan pemasaran yaitu meningkatkan penjualan. Padahal tujuan dari pemasaran tidak hanya itu. Setidaknya ada tiga tujuan dari pemasaran yaitu brand awareness, mendorong konsumen memikirkan produk Anda, terakhir mendorong konsumen tertarik dan menggunakan produk Anda.

Tiga tujuan tersebut merupakan proses konsumen untuk membeli sebuah produk. Pertama mereka akan mencari tahu mengenai produk, membelinya, dan terakhir menjadi pelanggan setia. Anda perlu mengetahui tahap mana yang harus dioptimasi sehingga menghasilkan keuntungan.

Digital strategy marketing
Digital strategy marketing

Pastikan Audiens Tepat Sasaran

Mengetahui audiens yang diinginkan membantu Anda menjalankan strategi yang efektif dan tepat sasaran. Selain itu, audience yang tertarget juga bisa menghemat budget pemasaran. Pasalnya Anda tidak perlu mengeluarkan budget untuk orang yang tidak mungkin membeli produk Anda.

Menetapkan target yang spesifik lebih mudah dilakukan pada pemasaran digital dibandingkan pemasaran tradisional. Anda bisa menargetkan audiens berdasarkan demografi, status pernikahan, pekerjaan, minat, jenis kelamin, hobi, dan lain sebagainya. Bandingkan beberapa tipe audiens agar bisa menentukan target yang tepat.

Pilih Channel Pemasaran yang Tepat

Cara menentukan digital strategy marketing selanjutnya yaitu memilih channel pemasaran. Ada beberapa channel pemasaran yang bisa Anda pilih. Channel tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga mudah untuk memilih salah satu. 

Sebelum menentukan channel pemasaran, Anda harus memahami dengan jelas tujuan dan target audiens. Sebagai contoh jika tujuan pemasaran adalah membangun brand awareness dan target pasarnya adalah kalangan muda. Maka channel yang cocok adalah Instagram dan Youtube yang sedang disukai oleh kalangan muda. Pertimbangkan untuk menggunakan lebih dari satu channel pemasaran sehingga jangkauan audiens lebih luas.

Analisa Campaign Secara Berkala

Telah dijelaskan sebelumnya jika digital strategy marketing juga berkembang. Jadi Anda tidak bisa menggunakan strategi yang itu-itu saja. Perlu adanya analisa dan optimasi sehingga pemasaran yang dijalankan berjalan dengan baik.

Ada beberapa tujuan dari analisa kampanye pemasaran digital yaitu menjawab permasalahan yang muncul saat menjalankan campaign, mengantisipasi skenario tertentu, dan melakukan perbandingan. 

Contoh skenario dalam campaign adalah penurunan penjualan, budget yang tidak efisien, traffic tinggi namun penjualan rendah, dan lain-lain. Setelah analisa, Anda harus memperbaikinya sesuai dengan tren saat ini.

Yakin dan Percaya

Potensi dari pemasaran digital sangat tinggi dan semua pebisnis sadar akan hal itu. Meskipun mereka sadar, namun masih saja ada yang takut gagal dan enggan mencoba. Anda harus yakin dan percaya bahwa bisnis Anda mampu menjalankan pemasaran digital. Dengan begitu, kesempatan untuk berkembang bisa terbuka lebar.

Itulah cara menentukan digital strategy marketing untuk bisnis Anda. Jika menginginkan hasil yang maksimal, gunakan jasa dari agensi pemasaran digital. Diginet bisa membantu Anda menentukan dan menjalankan strategi pemasaran digital. Agensi yang berlokasi di Jakarta ini menawarkan layanan yang lengkap termasuk SEO, Buzzer, Content Creative, dan lain sebagainya. Lakukan konsultasi secara gratis sebelum Anda memilih layanan yang diinginkan. Website resmi Diginet yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan layanannya adalah www.diginet.co.id

Bisnis

By Bisnis

Related Post