makanan khas betawimakanan khas betawi

Kerak telor adalah makanan yang dijuluki sebagai omelet khas Betawi. Makanan khas Betawi ini memiliki kisah dan juga fakta yang sangat unik sekali dan jarang sekali dibahas. Nah,di sini kami akan coba menjelaskan kepada Anda terkait fakta-fakta menarik seputar makanan tersebut.

1.  Jenis Omelet Khas Betawi yang Populer

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumya, makanan tradisional ini merupakan salah satu makanan khas daerah yang dikenal sebagai omelet khas Betawi. Pasalnya makanan ini terbuat dari telur, baik telor ayam maupun bebek.

Omelet khas Betawi ini bahkan bisa membuat perut Anda kenyang. Selain itu, makanan ini memiliki kandungan karbohidrat yang terbuat dari beras ketan putih.

2.  Sudah Ada Sejak Tahun 1940-an

Kuliner yang satu ini ternyata sudah dikenal di era penjajahan Belanda dan juga Jepang. Karena konon, resepnya turun temurun sejak era 1940-an. Itu artinya, makanan khas ini masih memiliki cita rasa tinggi sesuai dengan resep terdahulunya.

Selain resepnya, gerobak penjual kerak telor juga hingga saat ini masih tetap bertahan dengan model atau desain yang sama persis.

makanan khas betawi

3.  Proses Pengolahan yang Unik

Sampai saat ini, proses pengolahan makanan ini masih dilakukan secara tradisional dengan menggunakan arang sebagai pembakarnya. Wajan yang dibuatnya pun masih menggunakan bentuk yang sama.

Pada saat dimasak, adonan tidak akan tumpah pada saat dibalik karena komposisi telur dan ketan membuat adonannya melekat secara sempurna seperti lem pada wajan. Selain itu, ciri khas aromanya pun begitu menggoda dan menggugah selera.

4.  Jajanan Khas di PRJ

Makanan ini merupakan jenis fast food ala Jakarta atau Betawi asli. Hingga saat ini, makanan yang satu ini tidak pernah absen sama sekali di PRJ (Pekan Raya Jakarta) yang merupakan salah satu acara besar. Meskipun sudah langka, namun faktanya makanan ini masih tetap hadir di PRJ dan banyak disukai.

Itulah fakta menarik seputar makanan khas Betawi, yaitu kerak telor yang lezat dan gurih. Simak informasi kuliner lainnya di situs UFS (Unilever Food Solutions).

Bisnis

By Bisnis

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *