Pembayaran listrikPembayaran listrik

Terkadang banyak orang yang sedang sulit dalam hal ekonomi. Maka dari itu, tak jarang orang membatasi segala sesuatunya seperti menghemat pembayaran listrik. Hal tersebut dilakukan agar dengan menghemat listrik akan mengurangi pengeluaran yang bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Mungkin masih banyak dari Anda yang sulit membatasi penggunaan listrik dan mengakibatkan pembayaran tagihan membengkak. Hal tersebut cukup membuat pusing bukan?

Namun Anda tidak perlu khawatir, mulai saat ini Anda dapat menghemat listrik untuk menghemat pembayarannya. Lalu bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

Matikan Alat Elektronik Ketika Tidak Digunakan

Hal pertama yang dapat membantu Anda untuk menghemat listrik yaitu dengan mematikan alat elektronik ketika selesai menggunakannya dan tidak digunakan kembali. Walaupun mungkin terlihat sepele, namun nyatanya melakukan cara satu ini sangat ampuh untuk menghemat tagihan listrik Anda.

Hal tersebut terjadi karena walaupun alat elektronik tidak digunakan namun masih terpasang pada saklar, maka alat tersebut masih dapat menyerap listrik. Maka dari itu, dengan mematikan atau melepas alat elektronik akan membantu mengurangi bayar listrik Anda.

Pembayaran listrik

Memilih Perangkat Hemat Energi

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menghemat energi dan membuat pembayaran listrik berkurang yaitu dengan memilih perangkat yang hemat energi. Seperti halnya pemilihan perangkat elektronik AC, TV, ataupun kulkas yang sangat memakan banyak energi listrik.

Walaupun produk hemat energi memiliki harga yang cukup mahal, namun produk tersebut akan mengurangi penggunaan listrik lebih banyak dibandingkan dengan produk elektronik biasa. Dengan begitu Anda akan cukup terbantu dalam hal pengurangan tagihan listrik.

Gunakan Lampu LED

Seperti yang Anda ketahui, lampu LED memiliki penyerapan energi yang lebih sedikit dibandingkan lampu biasa. Pada umumnya lampu LED akan lebih menghemat energi hingga 70% dibandingkan dengan lampu biasa. 

Energi 3 watt lampu LED setara dengan energi lampu pijar yang berukuran 40 watt. Maka dari itulah tak heran jika lampu LED akan sangat membantu Anda dalam mengurangi pemakaian listrik. Walaupun lampu LED memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan lampu pijar, namun lampu LED akan lebih efisien dalam menghemat listrik.

Rutin Membersihkan Perangkat Elektronik

Hal lain yang terlihat sepele namun sangat membantu menghemat energi yaitu dengan rutin membersihkan perangkat elektronik. Mungkin Anda akan bingung bagaimana hal tersebut dapat berpengaruh?

Perlu Anda ketahui, elektronik seperti AC maupun kulkas yang kotor akan membuat kinerja dari perangkat tersebut lebih berat dibandingkan biasanya. Hal tersebutlah yang membuat penggunaan perangkat elektronik akan lebih boros dan menyedot banyak energi listrik.

Atur Ventilasi Rumah Sebaik Mungkin

Hal lain yang dapat membantu mengurangi penggunaan listrik berlebihan yaitu dengan mengatur ventilasi rumah sebaik mungkin. Dengan ventilasi rumah yang terpasang dengan baik, maka akan membantu sirkulasi udara rumah sehingga dapat mengurangi penggunaan AC.

Selain itu, dengan penempatan ventilasi yang benar akan membantu cahaya lebih mudah masuk ke dalam rumah. Hal tersebut membuat Anda akan lebih jarang menggunakan lampu untuk penerangan sehingga mengurangi beban listrik rumah Anda.

Batasi Penggunaan Alat Elektronik yang Tidak Penting

Untuk menghemat pembayaran listrik, Anda juga dapat membatasi penggunaan alat elektronik yang tidak begitu penting dan memakan banyak daya. Seperti halnya penggunaan TV ataupun mesin cuci. Hindari penggunaan alat elektronik tersebut jika memang tidak begitu penting.

Ketika Anda hanya mencuci beberapa baju saja, Anda dapat mencuci secara manual menggunakan tangan agar penggunaan listrik tidak terlalu besar. Atau Anda dapat mengumpulkan cucian pakaian Anda terlebih dahulu agar tidak berkali-kali mencuci.

Itulah beberapa cara menghemat pembayaran listrik yang dapat Anda lakukan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Sinarmas untuk memantau sekaligus pembayaran untuk listrik Anda. Dengan begitu Anda lebih mudah melakukan bayar listrik. 

Bisnis

By Bisnis

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *