Engagement Ring

Dalam sebuah prosesi pertunangan, engagement ring atau cincin tunangan menjadi barang terpenting dan paling krusial. Oleh karena itu, perhiasan tersebut harus dipersiapkan sejak jauh jauh hari sebelum hari H agar bisa mendapatkan hasil terbaik dan sesuai keinginan. 

Dalam pemilihan cincin, batu permata yang dipilih sebagai mahkota pelengkapnya juga tidak boleh luput dari perhatian. Hal tersebut karena batu permata yang disematkan pada sebuah cincin akan mampu menambah keindahan penampilan. Selain itu, batu permata tersebut juga bisa menjadi “pengantar pesan” yang akan disampaikan di momen sakral pertunangan.

Ada berbagai jenis batu permata yang biasa dijadikan sebagai mahkota cincin tunangan. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Batu Safir

Batu safir menjadi salah satu dari sekian banyaknya jenis batu permata yang umum digunakan sebagai mahkota perhiasan termasuk cincin. Biasanya, batu permata yang satu ini memiliki warna biru yang klasik. 

Namun selain biru, ada pula batu safir yang hadir dengan warna lainnya seperti putih, hijau dan juga kuning. Selain memiliki tampilan yang indah, batu safir juga memiliki tingkat kekerasan yang sangat baik sehingga cocok dijadikan sebagai mahkota pelengkap cincin.

  • Batu Zamrud

Jika batur safir identik dengan warna biru, lain halnya dengan jenis batu zamrud yang menawarkan warna yang khas hijau. Cincin tunangan yang bermahkotakan batu zamrud akan terlihat sangat indah dan klasik. 

Namun jika Anda menginginkan tampilan yang lebih modern, maka Anda bisa mencari cincin dengan setting modern juga. Dari segi kekuatan, batu zamrud ini berada di tingkatan 7-8 skala Mohs dan cukup ideal sebagai mahkota cincin.

  • Batu Ruby

Batu ruby merupakan salah satu jenis batuan yang identik dengan warna merah menyala. Warna merahnya sendiri berasal dari kromium yang dikandungnya. Batu ruby akan terlihat cukup menonjol saat disematkan pada sebuah cincin. 

Meski identik dengan warna merah menyala, namun ternyata ada pula ruby dengan warna yang lebih lembut seperti pink. Batu ruby memiliki tingkat kekuatan di skala 9 Mohs.

  • Batu Amethyst

Memang, batu permata yang satu ini tidaklah sepopuler dibanding jenis batu batu permata lainnya, Namun jika Anda ingin tampil berbeda dan antimainstream, maka cincin dengan mahkota batu amethyst bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Batu amethyst memiliki warna ungu yang mampu dengan mudah menarik perhatian banyak pasang mata yang melihatnya. Harganya pun juga lebih terjangkau dibandingkan batu permata lain.

  • Batu Berlian

Tidak bisa dipungkiri dan tidak bisa terbantahkan, berlian merupakan jenis batu permata terbaik untuk disematkan pada cincin tunangan. Hal tersebut tidak lain karena berlian memiliki tampilan yang sangat cantik berkat kemampuannya dalam memancarkan kilauan cahaya yang tidak bisa tertandingi oleh batuan jenis lainnya. 

Tak hanya soal tampilannya saja, tingkat kekuatannya juga sangat tinggi sehingga tidak mudah pecah atau tergores. Oleh karena itu pula cincin berlian banyak dipilih sebagai cincin tunangan (engagement ring) atau cincin nikah (wedding ring) karena bisa merepresentasikan cinta yang kuat dan abadi.

Ada beberapa warna berlian yang bisa dipilih. Akan tetapi, berlian terbaik dan memiliki harga yang cukup tinggi yaitu berlian bening atau biasa disebut dengan colorless diamond.

Itulah dia beberapa jenis batu permata yang bisa dipilih sebagai mahkota cincin tunangan Anda dan pasangan. Bagi Anda yang akan melangsungkan pertunangan dan sedang mencari cincin untuk acara tersebut, Anda bisa membelinya hanya di The Palace Jeweler.

Disana Anda bisa menemukan berbagai engagement ring collection terbaik yang cocok digunakan di momen indah dan sakral bagi setiap pasangan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *