Apakah anda salah satu orang yang gemar melakukan eksperimen dengan cara menggonta-ganti warna rambut anda dengan cat rambut ? mulai saat ini segera hentikan kebiasaan anda tersebut. Sering menerapkan pewarna rambut memiliki risiko yang tinggi bagi kesehatan anda, tidak hanya rambut yang akan menerima dampak negatif dari hal tersebut, bahkan tubuh anda pun sangat rentan terhadap risiko penyakit yang diakibatkan oleh efek samping dari pewarna rambut yang sering anda pakai.

Berikut ada beberapa efek samping yang ditimbulkan oleh pewarna rambut atau cat rambut yang sering anda gunakan:

1 . Alergi

Reaksi ini merupakan yang paling sering terjadi pada kebanyakan orang yang menggunakan cat rambut. Alergi yang timbul bisa disebabkan karena kulit kepala anda tidak mampu untuk menerima kandungan bahan kimia yang terdapat pada cat rambut tersebut.

2 . Timbul Iritasi Pada Kulit Kepala

Sebagian dari produk bahan kimia yang terdapat pada cat rambut dapat menimbulkan iritasi pada kulit kepala anda. bahkan efek iritasi tersebut dapat juga berpengaruh pada mata yang mengakibatkan merah-merah. Jika efeknya lebih parah bahkan dapat menyebabkan luka dengan sensasi panas seperti terbakar pada kulit kepala.

3 .Timbul Penyakit Hodgkin dan multiple myeloma

Sebuah penelitian pernah menunjukan kemungkinan seseorang mengidap penyakit Hodgkin sangat besar jika sering menggunakan pewarna rambut dengan bahan kimia. Hodgkin adalah penyakit jenis lain dari kangker getah bening, dan juga multiple myeloma.

4 . Timbul Penyakit Limfoma non-hodgkin

Sebuah studi pernah menemukan jika seseorang sering menggunakan produk pewarna rambut kimia dapat berisiko tinggi terserang penyakit limfoma non-hodgkin. Penyakit tersebut merupakan kanker yang dapat menyerang sistem limfatik yang merupakan dari sebuah sistem kekebalan tubuh.

5 . Terjadi Gangguan Hormonal

Beberapa produk pewarna rambut memiliki bahan dasar alkylphenol etoksilat atau APE yang sering ditemukan pada spermisida dan pestisida. Kandungan tersebut berbahaya bagi kulit kepala dan dapat mengganggu hormonal dalam tubuh.

Ada cara supaya anda dapat terhindar dari efek negatif yang ditimbulkan oleh pewarna rambut. Salah satunya adalah menggunakan atau membeli pewarna rambut dari salon kecantikan yang juga menyediakan perawatan rambut pasca pengecatan.