Kecerdasan emosional
Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan mengenali perasaan sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, kemampuan mengolah emosi dengan baik pada diri sendiri dan orang lain. Kecerdasan emosional sangat diperlukan oleh semua manusia agar mereka bisa mengontrol atau mengendalikan emosinya yang terkadang meledak – ledak sehingga mereka akan melakukan segala sesuatu dengan penuh pertimbangan dan tidak tergesa – gesa

Kemampuan yang dimiliki oleh seseorang tidak cukup dengan hanya memiliki kemampuan dalam hal kecerdasan intelektualnya saja, namun lebih dari itu, kita juga harus membiasakan diri untuk melakukan sikap dan perbuatan yang bisa melatih kita untuk memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi akan memandang segala kondisi yang dia alami sebagai sesuatu yang positif.

Mereka tidak akan memandang negative terlebih dahulu tentang sesuatu hal sebelum mereka membuktikan kebenaran atas segala situasi yang mereka alami tersebut. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan mengenali perasaan sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, kemampuan mengolah emosi dengan baik pada diri sendiri dan orang lain.

Kecerdasan emosional sangat diperlukan oleh semua manusia agar mereka bisa mengontrol atau mengendalikan emosinya yang terkadang meledak – ledak sehingga mereka akan melakukan segala sesuatu dengan penuh pertimbangan dan tidak tergesa – gesa. Bukankah hal ini sangat baik bagi kita, sehingga segala hal yang kita lakukan tidak akan menjadi sesuatu yang sia – sia belaka.

Apakah kecerdasan emosional tersebut merupakan bakat bawaan sejak lahir ? jawabannya adalah bahwa ternyata kecerdasan emosional bisa dirubah tingkatannya. Hal ini menandakan bahwa kecerdasan emosional tidak mutlak sebagai bakat bawaan sejak lahir. Anda mungkin belum mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan ciri – ciri orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi dan baik. Berikut ini adalah beberapa ciri dari seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi dan baik. Adapun hal – hal tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Mampu mengenali perasaan anda sendiri
  2. Mampu membaca perasaan orang lain
  3. Mampu mengetahui kekuatan dan kelemahan diri
  4. Mampu mengendalikan emosi sehingga tidak mudah tersinggung
  5. Memiliki kemampuan untuk senantiasa bersyukur atas segala hal yang dia alami saat ini
  6. Sangat peduli dengan kesehatan dirinya
  7. Memiliki kemampuan sebagai pendengar yang baik
  8. Mampu berpikir lebih terbuka
  9. Jika dia bersalah, kemampuannya untuk meminta maaf dan memperbaiki diri sangat tinggi

Demikian beberapa kemampuan yang dimiliki oleh orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi dan baik. Salah satu faktor pendukung untuk memiliki kecerdasan emosional yang tinggi adalah dengan mengkonsumsi nutrisi tepat untuk pengendalian diri agar lebih tenang, contohnya adalah susu. Pilihlah produk susu Dancow yang sudah terbukti memberikan manfaat terhadap perkembangan kecerdasan seseorang baik kecerdasan intelektual maupun emosionalnya.