jewelery stores
jewelery stores

Cincin menjadi salah satu perhiasan paling diburu oleh masyarakat dimana bisa menjadi pemanis untuk jadi-jari Anda. Tidak hanya itu, cincin juga bisa dijadikan sebagai media pengikat hubungan seperti cincin tunangan atau cincin pernikahan. Oleh sebab itu, pemilihan cincin pun tidak boleh asal-asalan. Nah, bagi yang masih bingung memilih cincin yang tepat di jewelry stores, yuk simak tips berikut ini.

Tips Memilih Cincin yang Tepat

Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan acuan dalam memilih cincin terbaik untuk aksesoris, tunangan ataupun pernikahan.

  • Pilih jenis logam yang diinginkan

Logam untuk membuat cincin sangatlah beragam dan akan memengaruhi warna maupun kualitasnya. Oleh sebab itu, sebelum membeli cincin pastikan terlebih dahulu logam seperti apa yang Anda inginkan.

Secara garis besar, logam untuk membuat cincin ada 4 yaitu emas, emas putih, palladium dan titanium. Emas termasuk logam paling populer untuk membuat cincin. Logam ini memiliki beberapa tingkat karat yang berkaitan dengan persentase emas di dalamnya. Emas putih merupakan logam emas berwarna putih sehingga menampakkan kesan modern. Sayangnya, wana emas ini lebih mudah pudar.

jewelery stores
jewelery stores

Palladium sendiri merupakan logam yang mirip dengan emas putih, namun lebih padat dan tahan gores. Namun, kualitas cincin dari bahan tersebut lebih rendah dibandingkan emas putih. Sedangkan titanium adalah logam yang ukurannya tidak dapat diubah-ubah sehingga jarang diminati pembeli. Meski begitu, bahan ini cukup tahan lama dan murah.

  • Pilih style berlian yang tepat

Selain memperhatikan logam untuk membuat cincin, Anda juga perlu memperhatikan style berlian di atasnya. Style berlian akan memengaruhi nilai estetik dari cincin itu sendiri. Secara umum, style cincin berlian dibedakan menjadi 4 yaitu prong, pave, bezel dan tension.

Prong merupakan peletakan berlian yang paling bayak digunakan pada cincin yaitu dicengkram cakar logam. Biasanya, bentuk ini hanya menggunakan satu berlian berukuran besar. Pave merupakan style berlian dimana pada cincin akan ditanam beberapa batu berlian kecil. Jadi, cincin akan seolah-olah terbuat dari batuan-batuan berlian.

Bezel merupakan style berlian yang menghadirkan sentuhan elegan dan bold. Pada bentuk ini, berlian akan didudukkan dan dikelilingi oleh pelek logam sebagai penahan. Sedangkan tension merupakan berlian yang letaknya berdiri pada cincin. Untuk menahannya, berlian akan didorong oleh dua ujung logam.

  • Pilih bentuk berlian sesuai selera

Selain style yang berbeda-beda, setiap cincin juga memiliki bentuk maupun potongan berlian yang berbeda pula. Beberapa bentuk potongan berlian yang bisa dipilih yaitu oval, pear (tetesan air), marquise (oval dengan ujung runcing), heart, princess cut (kotak dengan sudut tajam dan berkilau), emerald cut (kotak atau persegi panjang dengan potongan di sudut-sudutnya), baguette cut (persegi panjang dengan sisi tajam dan panjang) dan asscher cut (kotak yang memiliki ujung pendek).

  • Beli cincin berlian di toko terpercaya

Tips lain yang tidak boleh dilewatkan saat memilih cincin berlian yang tepat yaitu memperhatikan tokonya. Toko berkualitas dan bisa dipercaya tentunya akan memberikan produk-produk berkualitas dengan penawaran yang sesuai. Tidak hanya itu, toko tersebut juga akan memberikan banyak pilihan produk yang menarik dan memiliki bentuk unik. Salah satu toko perhiasan yang bisa dijadikan referensi yaitu Mondial Jeweler.

Nah, itulah tadi beberapa tips memilih cincin berlian yang tepat di jewelery stores. Pada intinya, Anda harus memperhatikan logam yang digunakan, style dan bentuk potongan berlian serta kualitas toko perhiasan. Semoga bermanfaat.