bayi 8 bulan bisa apabayi 8 bulan bisa apa

Tahapan bayi 8 bulan bisa apa saja merupakan hal penting yang harus diketahui bagi para orang tua di seluruh dunia. Sebab pada fase ini, bayi akan mengalami berbagai perkembangan dan juga pertumbuhan yang sangat signifikan.

Kemampuan Bayi Usia 8 Bulan

Adapun berbagai kemampuan dan proses pertumbuhan pada bayi 8 bulan bisa apa ini, diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Perkembangan Bahasa

Bayi berusia 8 bulan umumnya sudah mulai bisa mengeluarkan suara dan berbicara dengan kata-kata yang simpel. Seperti misalnya sudah mulai bisa berkata “mama”, “papa”, dan lain sebagainya. 

Bahkan beberapa bayi pada rentang usia ini juga sudah mulai bisa menirukan suara atau bunyi yang berada di sekitarnya. . 

  • Pertumbuhan Fisik

Pertumbuhan fisik pada bayi usia 8 bulan bisa dikatakan cukup pesat. Biasanya mereka akan memiliki berat badan sebesar 6-9 kilogram, dengan panjangnya sekitar 65-75 centimeter. 

Umumnya juga mereka sudah akan memiliki gigi pertamanya yang sudah mulai tumbuh, dan bahkan ada juga beberapa yang sudah memiliki gigi lebih dari satu. 

bayi 8 bulan bisa apa
  • Perkembangan Motorik

Pada usia ini juga umumnya mereka sudah mulai bisa melakukan berbagai gerakan motorik yang signifikan. Salah satunya adalah sudah mulai bisa merangkak secara maju ataupun mundur, sesuai dengan keinginannya atau ketika ingin meraih suatu benda. 

Beberapa juga sudah ada yang sudah mulai bisa duduk sendiri, dengan keseimbangan yang lebih baik dan juga stabil. 

  • Perkembangan Sosial dan Emosional

Kemampuan bayi berusia 8 bulan juga bisa ditunjukan dari kemampuan sosial dan emosionalnya. Umumnya mereka sudah mulai bisa memahami perasaan orang lain, menanggapi perasaan sedih, senang atau yang lainnya. 

Mereka juga sudah bisa mulai menunjukan raut muka bahagia ketika kedatangan orang yang sangat familiar. 

Dukung tahapan bayi 8 bulan biasa apa dengan sebaik mungkin agar tumbuh kembangnya semakin baik. Pastikan Anda selalu memberikan yang terbaik, termasuk produk popoknya yang bisa Anda berikan dari MAKUKU. 

Semoga bermanfaat!

Bisnis

By Bisnis

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *