Desain digital adalah istilah umum yang lebih relevan untuk masa sekarang daripada sebelumnya. Sederhananya, segala jenis desain yang muncul dalam format digital (pada aplikasi atau situs web), bukan dalam bentuk cetak (pada halaman fisik). Hal itulah yang membuatnya dianggap sebagai desain digital.

Dalam dunia yang semakin digital, kemungkinan sebagai seorang desainer, Anda akan bekerja lebih banyak dengan desain digital. Apakah Anda seorang desainer UX atau seorang seniman grafis, memahami secara spesifik perancangan untuk platform digital akan membantu Anda membawa karir Anda ke tingkat berikutnya. Dan hal tersebut adalah alasan utama mengapa Anda harus sekolah desainer di Jakarta.

Sekolah Desainer di Jakarta
Sekolah Desainer di Jakarta
Desain Digital vs Desain Cetak: Apa Bedanya?

Sekilas, mungkin tampak seolah-olah desain digital dan desain cetak sangat mirip. Namun, ada beberapa perbedaan penting yang perlu diingat ketika mengetahui lebih lanjut untuk dua jenis media ini.

Berbagai Jenis Hasil Kerja

Karena desain digital dan cetak muncul di tempat yang berbeda, terserah desainer untuk membiasakan diri dengan jenis kiriman yang mungkin mereka minta. Desainer digital dapat membuat beberapa produk, antara lain:

  • Iklan spanduk
  • Infografis
  • Elemen situs web
  • Gambar rangka UX
  • Grafik untuk laporan dan kertas putih (PDF)

Sedangkan, desainer cetak akan lebih cenderung menciptakan:

  • Brosur
  • Majalah
  • Sampul buku
  • Kartu nama
  • Iklan Cetak 

Jika Anda tertarik pada karier sebagai perancang digital, sebaiknya baca jenis proyek yang sedang Anda kerjakan. Proyek lain membutuhkan keterampilan khusus yang melampaui pengetahuan desain umum. Misalnya, saat membuat infografis, sebaiknya pertimbangkan cara merepresentasikan data secara visual dengan cara yang sesuai untuk dilihat secara online.

Peran Analisis dalam Desain Digital

Hal lain yang membuat desain digital berbeda dari desain cetak adalah peran data dan analitik. Meskipun mungkin sulit untuk secara langsung melacak kinerja selebaran atau brosur fisik, di ranah digital Anda memiliki wawasan langsung mengenai kinerja desain Anda melalui metrik seperti jumlah like, share, download, dan tampilan halaman.

Sebagai perancang digital, Anda mungkin menemukan diri Anda bertanggung jawab untuk membuat desain berkinerja tinggi. Ini berarti bahwa, di luar hanya menciptakan visual yang menarik, Anda perlu mengingat audiens yang Anda targetkan dan cara menangkap minat mereka. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin diminta untuk menguji beberapa iterasi desain yang berbeda untuk melihat mana yang memiliki kinerja terbaik.

Interaktivitas dalam Desain

Desain digital juga berbeda dari desain cetak karena bersifat interaktif. Meskipun, tidak semua jenis desain digital bersifat interaktif. Dalam beberapa hal, infografis memainkan peran yang sama dengan poster, Dalam ini yang dimaksud adalah gambar statis.

Namun, ketika membicarakan tenta desain web, pengguna sering mengklik elemen yang Anda buat. Desain interaktif ini lebih kompleks daripada desain statis. Selain memiliki feel yang menyenangkan secara estetika, desain Anda juga harus dapat digunakan, dimana hal ini adalah fokus desainer UX.

Jenis Khusus Desainer Digital

Desainer digital dapat dipecah menjadi beberapa kategori berbeda. Mari kita bahas di sini:

Desainer grafis

Sementara istilah “desainer grafis” ini sangat umum, untuk tujuan artikel ini, kita dapat menganggap desainer grafis sebagai desainer digital yang bekerja dengan gambar statis. Desainer ini mungkin membuat infografis, laporan, atau ilustrasi digital. Kekhawatiran utama mereka adalah estetika, keterbacaan, dan branding.

Desainer Web

Desainer web fokus pada tata letak situs web, dan mungkin juga merancang beberapa elemen interaktif yang muncul di sana. Mereka harus memiliki pemahaman dasar tentang pengkodean dan fungsionalitas situs web atau aplikasi. Desainer web perlu memahami tren yang berlaku dalam estetika web, dan mereka juga perlu mempertimbangkan aksesibilitas dan kemudahan penggunaan.

Desainer UX

Desainer UX fokus secara khusus pada kegunaan. Antara lain, mereka mendesain rencana awal untuk situs web, aplikasi, atau produk (dikenal sebagai “gambar rangka”). Desainer UX sering diharapkan untuk berkolaborasi dengan peneliti dan membuat beberapa versi berbeda dari desain mereka untuk pengujian dengan pengguna nyata. Desain mereka harus didasarkan pada data, dan juga estetika.

Dengan begitu banyaknya kepentingan yang muncul dan berkaitan secara langsung dengan desain digital, Anda wajib belajar segala sesuatu tentang hal ini. Terlebih jika Anda sangat menyukai dunia digital dan segala hal yang berkaitan dengannya.

Maka, tidak ada salahnya ketika sesuatu yang Anda suka dan Anda tekuni harus didalami dengan sekolah desainer di Jakarta. Dan IDS adalah satu-satunya tempat terpercaya untuk mendapatkan semua ilmu dan informasi tentang desain grafis ini.

Bisnis

By Bisnis

Related Post