permainan edukasi anak
permainan edukasi anak

Mainan adalah media penting untuk anak-anak. Selain dapat dijadikan sebagai hiburan, mainan juga dapat menjadi media yang baik untuk menstimulasi fungsi otak Si Kecil. Mam dapat membantu dengan memberikan permainan edukasi anak yang sesuai dengan usia Si Kecil saat ini. Mainan edukasi sangat mudah untuk didapatkan, atau Mam juga dapat membuat mainan edukasi sendiri dengan bahan-bahan yang sederhana.

permainan edukasi anak
permainan edukasi anak

3 Ide Mainan Edukasi Untuk Si Kecil 1-3 Tahun

Usia 1-3 merupakan masa penting dalam perkembangan otak Si Kecil sehingga Mam harus memanfaatkan momen ini. Melatih kemampuan otak Si Kecil dengan mainan dapat meningkatkan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah, berimajinasi, kreativitas dan lain-lain.

Mainan Shape & Color

Moms dapat mengenalkan bentuk benda dan juga warna kepada Si Kecil usia 1-3 tahun. Mainan shape biasanya berukuran agak besar untuk memudahkan Si Kecil memegangnya. Selain itu, setiap shape juga memiliki warna yang berbeda sehingga Si Kecil dapat belajar dua hal sekaligus yaitu bentuk dan warna. Mengenalkan warna-warna terang kepada Si Kecil sangat disarankan karena dapat meningkatkan indera penglihatannya. 

Puzzle

Permainan puzzle juga dapat digunakan untuk merangsang otak Si Kecil. Si Kecil akan belajar untuk mencocokkan kepingan sesuai dengan pasangannya. Pada saat proses mencari kepingan tersebut Si Kecil akan berusaha mengingat dan belajar menggunakan logikanya. Si Kecil yang sering diberikan permainan ini akan memiliki kemampuan yang baik dalam memecahkan masalah. 

Mainan Sensori

Moms juga dapat mengasah kepekaan indera peraba si kecil dengan memberikan mainan sensori berupa tekstur. Bahkan, Mam bisa membuat mainan ini sendiri dengan menyiapkan beberapa wadah yang diisi dengan benda dengan tekstur yang berbeda-beda. Si Kecil akan mengenali tekstur lembut, kasar, licin, kenyal dll.

Anak hebat tidak lepas dari dukungan Mam yang hebat pula dalam memberikan asupan nutrisi dan stimulus lainnya. Anak usia 1-3 memerlukan dukungan asupan nutrisi yang sangat tinggi sehingga Mam dapat memberikan susu tambahan S-26 Procal Gold.

LA & ALA yang terdapat di dalamnya dapat mengoptimalkan fungsi otak sehingga dapat berkembangan dengan baik. Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi juga sangat mendukung proses perkembangan tulang dan gigi Si Kecil.