wedding rings
wedding rings

Cincin kawin merupakan tradisi yang sudah ada sejak zaman dahulu. Tradisi tersebut tidak hanya berkembang di luar negeri namun juga di Indonesia. Hampir semua adat di Indonesia menggunakan cincin kawin sebagai salah satu bukti pernikahan. Bukan hanya wanita saja, cincin kawin atau wedding rings juga dikenakan oleh pria.

Namun berbeda dengan wanita yang boleh menggunakan semua jenis cincin kawin, pria tidak boleh mengenakan emas. Hal tersebut berlaku pada pria yang beragama Islam atau muslim. Pria muslim dilarang menggunakan emas atau perhiasan apapun dari emas. Sebagai gantinya, ada beberapa jenis cincin nikah yang boleh mereka gunakan yaitu:

Cincin Perak

Pilihan pertama untuk Anda yang akan menikah adalah cincin perak. Pada umumnya, cincin dengan bahan perak menggunakan desain polos dan simple sehingga cocok untuk pria. Selain tidak terlalu menonjol, cincin yang polos juga bisa menampilkan kesan gagah dan berwibawa pada pria yang memakainya. Tambahan batu permata berukuran sedang bisa membuat cincin kawin dari perak semakin indah. Pria dengan kepribadian simple dan praktis cocok dengan jenis cincin ini.

Cincin Platina

Platina yang juga dikenal dengan nama platinum ini adalah logam perhiasan terbaik. Banyak keunggulan dari platina mulai dari kekuatannya hingga keindahannya yang menambah kilauan berlian semakin cantik. Solitaire ring dengan logam ini menghasilkan kilauan yang indah tanpa perlu dilapisi oleh logam lainnya. Karena tambangnya yang lebih terbatas, harga platina cenderung lebih mahal dibandingkan logam lain seperti emas maupun perak.

Cincin Titanium

Titanium sering dipilih sebagai cincin kawin pria karena memiliki karakteristik padat dan kokoh. Selain itu, titanium juga cenderung lebih berat sehingga cocok untuk pria. Meskipun belum umum di masyarakat, namun titanium memiliki banyak keunggulan termasuk sulit tergores oleh benda tajam. Pria dengan banyak aktivitas cocok mengenakannya karena bisa lebih tahan lama.

wedding rings
wedding rings

Cincin Palladium

Palladium adalah logam yang mulai populer digunakan untuk membuat perhiasan berlian, termasuk cincin kawin. Kandungan palladium di dalam logam ini mencapai angka 95%, sedangkan 5% adalah logam lain. Selain itu, palladium juga hypoallergenic atau tidak menyebabkan alergi lantaran sudah ditambahkan logam nikel. Anda yang suka dengan cincin kawin ringan bisa memilih cincin dari palladium. Harganya relatif lebih terjangkau jika dibandingkan logam-logam lainnya. Tidak heran jika banyak pasangan ingin menghemat budget dengan memilih cincin palladium.

Cincin Tungsten Karbida

Jenis cincin kawin terakhir yang bisa digunakan oleh pria adalah cincin dengan bahan tungsten karbida. Mungkin sebagian besar dari Anda belum pernah mendengar bahan cincin satu ini. Padahal cincin dengan tungsten karbida memiliki kekuatan yang baik sehingga tidak mudah berubah bentuk dan tergores. Dibandingkan logam lain, tungsten karbida memang terlihat tidak terlalu mengkilap. Namun hal tersebut malah membuat Anda lebih nyaman untuk menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari.

Cincin Platinum dari Miss Mondial dan Mondial Jeweler

Salah satu rekomendasi cincin kawin platinum yang bisa Anda pilih adalah cincin dari Miss Mondial dan Mondial Jeweler. Brand satu ini terkenal menghadirkan cincin kawin dengan model dan desain yang beragam. Bahkan Miss Mondial dan Mondial Jeweler menawarkan layanan custom made. Melalui layanan tersebut, Anda bisa mendesain cincin kawin sesuai keinginan.

Bahkan dengan layanan custom made, Anda bisa menentukan sendiri jenis material atau bahan logam yang diinginkan. Jadi Anda bisa menghindari wedding rings dengan logam emas yang dilarang dalam Islam. Untuk mendapatkan informasi seputar layanan custom made dari Miss Mondial dan Mondial Jeweler, Anda bisa mengunjungi website resminya di www.mondialjeweler.com.