cara mendidik anak
cara mendidik anak

Kemandirian merupakan salah satu karakter hebat yang perlu ditumbuhkan pada Si Kecil sejak dini. Memiliki sikap mandiri sejak dini bisa membantu memudahkan mereka ketika dewasa nanti. Peran Mam sangat penting dalam mendidik dan membiasakan sikap mandiri pada anak. Apabila Mam mampu mendidik dengan baik maka sikap mandiri Si Kecil akan muncul sejak dini. Berikut ini ada beberapa cara mendidik anak agar menjadi anak yang mandiri:

Biasakan untuk Mandiri

Mam tidak boleh membatasi apa yang ingin dilakukan Si Kecil. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk membiakan mereka bersikap mandiri. Biarkan mereka melakukan hal ringan sendiri misalnya mengambil mainan, membersihkan mainan, bangun sendiri setelah jatuh, dan lain-lain.

Berikan Tugas yang Ringan

Cara mendidik anak satu ini bisa dilakukan ketika anak mulai berusia 1 tahun. Pada usia tersebut biasanya mereka memiliki kemampuan motorik yang baik. Berikan tugas ringan seperti membuang bungkus ke tempat sampah, membereskan mainan, dan lain-lain.

cara mendidik anak
cara mendidik anak

Biasakan Si Kecil Membantu

Mam bisa meminta Si Kecil membantu pekerjaan rumah apabila mereka mulai tumbuh dewasa. Contohnya yaitu menyapu lantai, menyiram tanaman, membersihkan meja, meletakkan piring kotor ke tempatnya, dan pekerjaan lain yang ringan dan tidak berbahaya.

Latih untuk Mengambil Keputusan

Si Kecil perlu dilibatkan dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan mereka. Cara ini sangat memengaruhi kemandirian dan kemampuan kognitifnya. Sebagai contoh minta Si Kecil memilih buku bacaannya, makanan yang ingin dimakan, mainan yang disukai, dan lain-lain.

Berikan Dukungan dan Hargai Usaha yang Dilakukan

Cara terakhir dan tak kalah penting untuk dilakukan adalah memberikan dukungan serta menghargai setiap usaha yang telah dilakukan anak. Pastikan Mam mengawasi Si Kecil untuk menghindari hal-hal berbahaya.

Itulah cara mendidik anak mandiri yang bisa Anda coba terapkan. Selain pola asuh di atas, Mam juga perlu memenuhi berbagai kebutuhan lain, salah satunya yaitu kebutuhan nutrisi.

Apabila Si kecil mendapatkan nutrisi yang lengkap dan seimbang maka mereka bisa tumbuh serta berkembang dengan optimal. Makanan bergizi sebagai sumber nutrisi utama bisa dilengkapi dengan susu Wyeth Nutrition S-26. Ada dua tahapan yang bisa dipilih yaitu S-26 Procal (1-3 tahun) dan S-26 Promise (3 tahun ke atas).