cincin pernikahan

Acara pernikahan merupakan salah satu acara yang istimewa bagi setiap insan manusia. Tak heran jika banyak orang yang rela merogoh kocek yang tidak sedikit jumlahnya, untuk menggelar riuhnya pesta pernikahan ini.

Tidak hanya mengeluarkan uang untuk kepentingan pesta, pasangan pria pun biasanya akan memberikan mahar pernikahan bisa berupa cincin pernikahan. Cincin untuk mahar pernikahan ini pun ada banyak ragamnya, dan salah satu yang difavoritkan adalah cincin berlian. 

Mengapa Cincin berlian banyak diminati?

cincin pernikahan
cincin pernikahan

Dari sekian banyaknya jenis cincin untuk acara pernikahan, sejatinya cincin yang tersematkan batu berlian ini masih menjadi favorit orang-orang. Pasalnya cincin pernikahan berlian ini, selain kaya akan makna juga memiliki kualitas perhiasan yang jauh lebih baik. 

Dari asalnya saja, batu berlian ini merupakan sebuah batuan yang hanya bisa keluar ke permukaan bumi akibat letusan gunung berapi. Dengan suhu panas yang tinggi, maka sudah dipastikan kualitas dari batu berlian ini bukanlah kaleng-kaleng. 

Dengan kualitas yang begitu baiknya, maka bisa dipastikan ketahanan dari perhiasan yang terbuat dari berlian ini bisa awet dan tahan lama. Diharapkan dengan dijadikannya cincin pernikahan berlian ini, bisa mewakili ikatan rumah tangga kedua pasangan, agar langgeng dan awet hingga maut memisahkan. 

Bagaimana cara membeli cincin berlian yang berkualitas?

Bagi Anda yang memang sudah memiliki wacana untuk membeli cincin berlian untuk acara pernikahan di Mondial Jeweler, maka berikut ada beberapa tips yang bisa diikuti.

  • Perhatikan cut dari berlian
    Cut atau potongan pada berlian sejatinya akan sangat berpengaruh kepada kilau yang dihasilkan oleh berlian itu sendiri. Bila batu berlian memiliki potongan dan diasah dengan baik, tentunya hasil kilau yang dihasilkan akan jauh lebih elegan dan mempesona dipandang mata. 

Untuk jenis potongan pada berlian ini setidaknya terdapat 3 jenis potongan. Yang diantaranya ada  shallow cut, deep cut, dan asahan yang paling baik adalah jenis excellent cut

  • Perhatikan kejernihan berliannya

Kejernihan atau clarity dari berlian tentunya akan mempengaruhi nilai visual dari berliannya itu sendiri. Memang tidak ada berlian yang sempurna dan tidak ada yang luput dari kecacatan, namun semakin minim tingkat cacat dari berlian maka akan semakin baik tingkat kejernihannya.

Anda tidak perlu khawatir akan berlian yang memiliki kecacatan ini, karena hal tersebut merupakan tanda lahir dari suatu berlian. Sebaliknya Anda wajib waspada, jika ada penjual berlian yang menyediakan berlian yang tidak memiliki kecacatan sama sekali. Karena besar kemungkinan berlian tersebut merupakan berlian buatan, atau bahkan bisa jadi merupakan berlian imitasi.  

  • Perhatikan warna yang ditampilkan berlian

Faktor warna yang ditampilkan oleh berlian juga wajib Anda perhatikan ketika akan membeli cincin berlian berkualitas baik. Yang mana untuk jenis warna berlian ini bisa dikategorikan dari segi warna yang ditampilkan. 

Namun perihal warna berlian, nyatanya warna berlian yang paling tinggi nilainya justru bukan yang berwarna-warni, melainkan berlian yang memiliki warna yang transparan. Diikuti setelahnya ada berlian yang berwarna kuning keruh yang merupakan level warna berlian yang paling rendah. 

Bilamana Anda menyukai jenis berlian yang berwarna pun tidak menjadi masalah, karena ada jenis fancy diamond yang menawarkan warna alami berlian beraneka warna. Seperti diantaranya ada warna pink, hijau, biru, kuning, dan masih banyak lagi yang lainnya.  

  • Ketahui kadar karat berlian

Sama halnya dengan perhiasan emas, semakin tinggi karat dari perhiasan berlian maka akan semakin bagus kualitas serta nilai jualnya. Namun agak sedikit berbeda dengan emas yang kadar karatnya dihitung dari kemurniannya, di berlian karat yang dihitung adalah berdasarkan beratnya. 

Bisnis

By Bisnis

Related Post