Beasiswa adalah hal yang sangat diinginkan oleh setiap orang. Selain manfaat nya yang banyak, beasiswa juga memiliki fungsi dan kegunaan lain nya. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa yang akan melanjutkan program pendidikan berikutnya. Mencari Info Beasiswa S2 dapat diakses melalui website ataupun melalui berbagai media sosial. 

Saat ini sangat banyak peluang yang memberikan beasiswa berupa pendidikan yang akan sangat membantu Anda. Berikut adalah beberapa beasiswa yang bisa menjadi referensi Anda :

Beasiswa Pendidikan Indonesia – LPDP 

Skema beasiswa pemerintah ini dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Programnya dinamai dengan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). Uniknya, cukup beragam beasiswa BPI ini yang ditawarkan oleh LPDP tersebut. Misalnya BPI Program Magister dan Doktor, BPI Program Afirmasi, Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia, BPI Program Tesis/Disertasi, dan beasiswa dokter spesialis. Selain itu, program BPI – LPDP ini dapat dikatakan salah satu beasiswa yang paling favorit di tanah air saat ini. Hal ini karena selain menawarkan beasiswa penuh bagi penerimanya, beasiswa ini juga memberikan keluasan cakupan dalam bidang studi serta universitas yang ditawarkan. Anda dapat melamar beasiswa BPI untuk studi S2 di dalam maupun luar negeri. 

Beasiswa Unggulan 

Beasiswa Unggulan saat ini sudah sangat dikenal luas. Program beasiswa ini ditawarkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bagi Anda yang memiliki prestasi dan berkeinginan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, Beasiswa Unggulan ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Hal yang menarik, Beasiswa Unggulan ini juga dapat dipergunakan untuk studi di berbagai kampus. Apabila Anda mengincar beasiswa S2 dalam negeri, Beasiswa Unggulan patut dipertimbangkan. Khususnya beasiswa S2, kandidat yang terpilih dapat memperoleh manfaat beasiswa 18 – 24 bulan. Selain biaya pendidikan, beasiswa ini juga menyediakan terkait biaya buku, biaya penelitian, biaya hidup, biaya transportasi ke universitas tujuan, dan lain-lain. 

info beasiswa s2

Beasiswa Dikti 

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) mempunyai skema beasiswa yang ditawarkan rutin setiap tahun. Beasiswa Dikti ini cukup dikenal oleh para kalangan kampus seperti mahasiswa dan dosen. Bagi Anda yang memiliki profesi di bidang tersebut dan sedang mencari beasiswa S2 2022-2023, maka beasiswa Dikti ini patut dipertimbangkan. Beasiswa ini juga menyediakan berbagai pembiayaan pendidikan penuh dan menawarkan beberapa pilihan bagi pelamarnya. Beasiswa tersebut di antaranya Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) yang ditujukan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dalam negeri, Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN) untuk studi di luar negeri, juga terdapat beasiswa peningkatan kualitas publikasi internasional (PKPI) bagi mahasiswa S3 pada pascasarjana penyelenggara BPP-DN untuk menambah wawasan serta pengalaman internasional.

Beasiswa Open Doors 

Program beasiswa Open Doors ditawarkan oleh Pemerintah Rusia bersama dengan Global Universities Association. Beasiswa Open Doors ini ditawarkan dalam bentuk kompetisi. Bila pelamar berhasil memenangkan kompetisi tersebut, maka pelamar tersebut akan dihadiahi beasiswa S2 di Rusia. Selain itu, beasiswa S2 Open Doors ini juga dapat dimanfaatkan untuk kuliah di puluhan kampus di Rusia termasuk di antaranya universitas-universitas top dunia di negara tersebut. Uniknya, kuota beasiswa yang disediakan pun cukup banyak, hampir mencapai 300 kursi beasiswa. Peserta yang terpilih juga akan mendapatkan beasiswa berupa tanggungan 100 persen biaya kuliah (tuition fee). 

Selain itu, Universitas Indonesia (UI) juga selalu memberikan berbagai beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *