PH Meter Pengukur Keasaman
PH Meter Pengukur Keasaman

Alat ini pertama kali diperkenalkan pada sekitar tahun 1936 oleh seorang berkebangsaan Amerika Serikat Dr. Arnold Orville Beckman dan di Denmark oleh Radiometer. Pada saat itu Dr. Arnold masih menjabat sebagai asisten professor kimia tepatnya di California, Amerika. Ia diminta untuk merancang sebuah gagasan dan metode yang akurat dan cepat untuk dapat mengukur tingkat keasaman pada perasan air jeruk untuk California Fruit Growers Exchange. Lalu pada tahun 2004 sebuah alat meter mulai banyak dipasarkan dan di Indonesia sendiri sudah banyak yang jual PH meter dengan kualitas yang sudah sangat baik.

Alat untuk mengukur tingkat keasaman atau kebasaan suatu cairan tersbut memiliki jenis yang berbeda-beda. Ada yang memiliki jenis simple seperti sebuah pen dan ada juga yang memiliki jenis yang rumit dan biasanya hanya dipergunakan untuk kepentingan sebuah laboratorium besar dalam melakukan kegiatan penelitian. Biasanya sebuah alat pengukur tingkat keasaman dengan jenis yang rumit sudah dapat terkoneksi langsung ke komputer. Tapi yang biasa jual PH meter di pasaran biasanya bentuknya sederhana tidak terlalu rumit dan mudah untuk digunakan.

Alat ini sangat penting untuk digunakan oleh beberapa produsen minuman, karena Departeman kesehatan Republik Indonesia memberikan standar untuk sebuah minuman ideal yang dapat dikonsumsi yakni berkisar anatara 6,5 – 8,5. Alat tersebut mampu memberikan keterangan yang akurat seperti jika sebuah angka pada pengukur tersebut menunjukan angka 7 berarti air tersebut netral, jika kurang dari 7 air disebut asam dan jika lebih dari angka 7 maka air tersebut masuk kedalam kategoti alkaline atau basa.

Mengingat pentingnya untuk dapat mengetahui kadar asam pada suatu minuman sesuai dengan standar yang diberikan oleh pemerintah kita, banyak produsen dan distributor yang jual alat PH meter di beberapa kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Di kota-kota tersebut alat ini tidak sulit untuk dipesan atau di beli. Bahkan maraknya online shop saat ini dipergunakan juga oleh para produsen atau distributor alat ini untuk memasarkannya melalui internet, hal ini semakin memudahkan kita untuk dapat memesan dan membeli PH meter.