Ganti oli mobil
Ganti oli mobil

Fungsi oli sebagai pelumas sudah sangat dipahami oleh banyak orang. Ganti oli mobil secara rutin dan berkala memiliki manfaat:

  • Menjaga mesin agar selalu dalam performa prima
  • Mencegah mesin cepat panas
  • Menjaga mesin tidak cepat aus
  • Merawat komponen-komponen mesin yang terdapat di dalam mobil
  • Mencegah terjadinya pengkaratan akibat dari terkena air ataupun udara

Begitu pentingnya oli mesin terhadap keberlangsungan kinerja mobil Anda, akan sangat baik untuk mengetahui cara mengecek kondisi oli agar tahu saat kapan untuk ganti oli mobil. Umumnya, para pengendara akan mengganti oli dalam jangka waktu tiga bulan sekali atau setiap 5000 km/jam. Namun tidak ada salahnya, sebelum Anda membawa mobil Anda ke service dan melakukan pergantian, cek lah terlebih dahulu, apakah sudah siap diganti atau belum.

Ganti oli mobil
Ganti oli mobil

Ada beberapa cara untuk mengetahui kondisi oli mobil. Untuk cara cek sederhana adalah dengan memerika indikator oli mobil. Nyalakanlah mesin mobil Anda terlebih dahulu, tunggu hingga sekitar satu menit. Jika indikator mobil tidak menyala, maka oli mobil Anda masih dalam keadaan baik. Namun saat Anda menemui indikator tersebut menyala dan kemudian mati, bisa jadi terjadi kebocoran pada tangki oli atau oli sisa sedikit.

Cara lain yang lebih teliti adalah dengan melakukan pengecekan secara manual, caranya adalah :

  1. Saat mobil masih dalam keadaan dingin, bukalah kap mobil Anda. Kemudian tarik perlahan tongkat celup yang terhubung ke tangki penyimpanan oli. Letak setiap mobil umumnya berbeda-beda. Namun untuk lebih hati-hatinya, sebaiknya Anda melihat panduan manual dari buku Anda. Siapa tahu saja, jika sembarangan mengangkat, Anda malah menarik tongkat celup cairan transmisi.
  2. Setelah Anda menarik tongkat oli tersebut, bersihkanlah tongkat tersebut hingga bersih. Kemudian masukan kembali tongkat tersebut ke salurannya, jika bagian terakhir tersebut berada di bawah garis ADD, maka hal tersebut menunjukan bahwa sudah waktunya untuk ganti oli mobil Anda.

Demikian cara cek oli untuk mengetahui kapan saat yang tepat untuk ganti oli mobil. Selain memperhatikan waktunya, ada baiknya juga memilih oli yang tepat, yang sudah teruji kemampuan dan kehandalannya, seperti Oli Top 1.