cemilan tradisional indonesia

Bika Ambon adalah salah satu cemilan tradisional Indonesia yang khas dari kota Medan. Adapun proses pembuatannya memakan waktu yang cukup lama, namun dengan bahan alami dari Gulaku, maka aroma dan rasanya tetap terjaga dengan baik.

Buah tangan atau oleh-oleh merupakan sebuah istilah yang dilakukan oleh orang yang sedang berkunjung ke sebuah daerah dengan membeli kreasi khusus daerah tersebut dan dibawa pulang ke rumah sebagai kiriman ciri khas dari daerah yang telah dikunjungi. Ada banyak jenis oleh-oleh dari mulai makanan hingga kreasi kerajinan.

cemilan tradisional indonesia
cemilan tradisional indonesia

Seperti jika anda berkunjung ke kota Medan, maka tidak lengkap rasanya jika tidak membeli sebuah cemilan tradisional Indonesia khas dari kota Medan yaitu Bika Ambon. Walaupun ada kata Ambon di belakang namanya, tapi makanan yang memiliki rasa manis dan legit ini bukan lah berasal dari Kota Ambon, melainkan asli makanan khas Medan yang berasal dari jalan Ambon yang ada di kota tersebut.

Bika Ambon merupakan makanan manis yang terbuat dari tepung dan juga sagu, dimana proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar satu hari penuh. Proses yang cukup lama tersebut tidak terlepas dari proses adonan yang didiamkan, belum lagi biang adonan yang juga sama mesti didiamkan supaya adonan dapat mengembang.

Makanan yang satu ini proses pembuatannya adalah dengan cara dipanggang, dimana proses yang cukup lama ini harus disesuaikan dengan waktu luang anda. Jadi untuk membuatnya sendiri, anda mesti meluangkan waktu yang cukup seperti di hari libur.

Kue bika ambon ini merupakan cemilan tradisional Indonesia yang sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet. Kue ini selalu dihidangkan saat perayaan hari besar agama ataupun acara lainnya yang dianggap penting. Namun jika anda membutuhkannya, anda bisa mencarinya di toko oleh-oleh di sekitar kota Medan. Tapi jika penasaran ingin membuatnya, maka anda harus siapkan bahannya terlebih dahulu dan menggunakan bahan alami supaya terjaga aroma dan rasanya.

Salah satu bahan yang mesti anda gunakan adalah gula pasir asli dari tebu pilihan. Dan bahan tersebut bisa anda dapatkan dengan mudah di toko terdekat yaitu gula pasir dari Gulaku. Gulaku terbuat dari gula pasir tebu pilihan terbaik, dengan proses dan kemasan lebih modern. Selain itu, Gulaku juga sudah mengantongi ijin resmi dan sertifikat Halal sebagai jaminan bahwa produk tersebut aman dikonsumsi.