Cara Mengatur Keuangan
Cara Mengatur Keuangan

Bagi ibu rumah tangga, keuangan bisa jadi salah satu hal penting dalam menjaga keseharian keluarga tetap baik dan lancar. Baik wanita yang memilih untuk menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya, atau pun wanita yang memperoleh gaji sendiri dari karier nya. Tetaplah memerlukan cara mengatur keuangan yang tepat dan baik guna membantu ibu dalam merencanakan keuangan seluruh anggota keluarga.

Seorang ibu tak hanya bisa menjadi pengasuh bagi anak, tapi juga koki, arsitek, sampai manajer keuangan pun harus dikuasai. Dengan perencanaan keuangan yang baik ibu bisa mengatur biaya sekolah anak hingga liburan bersama dengan keluarga dengan tenang. Berikut ini beberapa tips mengelola finansial.

Cara Mengatur Keuangan
  • Buat Pencatatan Keuangan¬†

Pencatatan ini berisi dana pemasukan dan pengeluaran, baik harian, mingguan, ataupun bulanan. Tuliskan secara rinci dan tersusun rapi pada buku khusus yang menarik dan lucu, agar ibu lebih semangat mengisinya. Cara mengatur keuangan ini akan sangat membantu ibu untuk disiplin dalam mencatat setiap harinya. 

Beri tanggal dan jumlah dana, misalnya untuk bayar sekolah anak sekian rupiah di awal bulan, bayar listrik, air, dan lainnya maksimal di akhir bulan. Kalkulasi antara total pendapatan bulanan maupun penghasilan lainnya yang diperoleh dengan rencana pengeluaran prioritas bulanan. 

  • Jaga Keuangan Tetap Stabil

Usahakan agar rasio utang tidak lebih dari sepertiga bagian dari penghasilan utama keluarga. Ibu tentu tak ingin uang gaji sebulan habis atau terpaksa menggunakan dana lain hanya untuk membayar cicilan utang. Maka dari itu, jaga keuangan tetap stabil, jangan mudah terlena pada arisan barang yang mungkin sama sekali ibu tidak butuh. 

  • Sisihkan Dana Darurat, Tabungan, Dan Investasi

Banyak pengeluaran tak berarti ibu tidak bisa menabung, sebaiknya jadikan ketiga jenis dana ini sebagai prioritas dalam perencanaan keuangan. Walaupun hanya mampu sedikit tak masalah, tentunya ibu akan tenang jika memiliki dana cadangan ketika hal yang tidak terduga terjadi. Pisahkan dalam dompet, rekening, atau tempat penyimpanan lainnya yang berbeda-beda agar tidak terpakai untuk hal lainnya. 

Ibu bisa menabung melalui aplikasi Jenius dari Bank BTPN, lebih mudah, praktis, dan terjamin keamanannya. Menerapkan cara mengatur keuangan yang tepat dan baik pun terasa lebih ringan dan terencana.