asam folat untuk persiapan kehamilan
asam folat untuk persiapan kehamilan

Bagi setiap pasangan yang telah menikah dan ingin segera dikaruniai si buah hati, kehamilan pastilah hal yang sangat ditunggu-tunggu. Banyak hal yang harus Anda dan pasangan persiapkan, terutama bagi seorang ibu. Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi adalah asam folat untuk persiapan kehamilan.

Mengapa hal ini penting?

Asam folat merupakan suatu bentuk sintetis dari vitamin B9. Ini diperlukan untuk meningkatkan kesuburan. Selain itu, selama masa kehamilan, asam folat juga dibutuhkan untuk pembentukan DNA dan proses perkembangan otak dan saraf janin.

Pentingnya Asam Folat Untuk Persiapan Kehamilan

asam folat untuk persiapan kehamilan
asam folat untuk persiapan kehamilan

Jika Anda sedang mempersiapkan perencanaan kehamilan, sebaiknya kebutuhan asam folat harus dipenuhi selama proses perencanaan ini. Ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dari pemenuhan asam folat untuk persiapan kehamilan.

Produksi sel darah merah

Tak jarang selama masa kehamilan, seorang ibu akan mengalami anemia. Sehingga asam folat dibutuhkan untuk memproduksi sel-sel darah merah

Menghindari terjadinya cacat tabung saraf

Asam folat sendiri sangat penting selama pertumbuhan dan perkembangan otak dan saraf bayi selama di dalam janin. Senyawa ini juga melindungi tabung saraf janin agar tidak terjadi cacat sebelum kelahiran.

Mencegah terjadinya bibir sumbing

Perlu diketahui, bibir sumbing merupakan cacat bawaan atau keturunan. Meski ada penyebab di luar itu yang juga bisa menyebabkan hal ini.

Umumnya, pada trimester pertama terjadi penyatuan jaringan di bibir. Ini membutuhkan pemenuhan asam folat agar penyatuannya sempurna.

Penyatuan jaringan bibir yang gagal, dapat menyebabkan bibir sumbing.

Meningkatkan kesuburan

Bukan hanya ibu, mengkonsumsi asam folat juga bisa meningkatkan kesuburan pada sang ayah.

Pada seorang ibu, asam folat membantu memelihara kesehatan ovarium dan kesehatan kandungan. Sedangkan pada sang ayah, sangat baik untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

Meminimalisir resiko preeklampsia

Preeklampsia merupakan sebuah kondisi yang membuat ibu yang sedang hamil mengalami darah tinggi, pembengkakan dan jumlah protein meningkat pada urine. Hal ini, jika tidak segera diatasi akan sangat mempengaruhi kesehatan janin.

Meski belum diketahui dengan pasti apa yang bisa menyebabkan hal ini terjadi. Namun, salah satu indikasinya adalah kekurangan asam folat

Demikian beberapa hal penting mengenai manfaat asam folat untuk persiapan kehamilan. Semoga bermanfaat