cincin berlian pria
cincin berlian pria

Apakah Anda memakai cincin selain cincin kawin Anda? Gaya apa yang Anda pakai? Apakah Anda tahu bagaimana cincin mempengaruhi pendapat orang lain? Orang mungkin melirik cara Anda memakai cincin berlian pria, mengagumi perhiasan Anda yang indah, dan sering menebak kepribadian, status, dan faktor lainnya.

Seringkali, asumsi ini berakar pada sejarah, kepercayaan dan asal budaya, serta preferensi cincin Anda. Tetapi sebelum Anda memakai cincin Anda, akan sangat membantu untuk mengetahui apa yang dikatakan setiap jari tentang Anda, karakter Anda, dan gaya hidup Anda.

Selama ribuan tahun, pria telah memakainya sebagai simbol status, kekayaan, dan komitmen. Misalnya, itu dapat mengirim pesan bahwa Anda sudah menikah, menjalin hubungan, atau atau bahkan bagian dari budaya yang Anda ikuti dengan berani.

Simbolisme Cincin dan Jari

Mengenakan cincin berlian pria bukan hanya tentang gaya, tetapi juga melambangkan berbagai hal, tergantung di mana Anda meletakkannya.

1. Jari kelingking

Cincin kelingking sering kali menjadi pilihan pertama pria untuk cincin “pernyataan”. Cincin di jari kelingking memiliki  beberapa keunggulan, seperti mereka tidak mengaitkan dengan agama atau budaya tertentu (seperti jari manis). Meskipun, seringkali, pusaka keluarga terkadang dikenakan di jari kelingking. Lain halnya bahwa cincin kelingking tidak menyentuh atau mengganggu telunjuk atau jari telunjuk.

cincin berlian pria
cincin berlian pria

Cincin di jari kelingking terlihat sebagai salah satu yang paling mencolok dari semua desain. Di Inggris Raya dan negara-negara Barat lainnya, pria sering memakai cincin untuk stempel di jari kelingking kiri. Praktik simbolisme cincin ini sudah berlangsung ratusan tahun, dan banyak keluarga mewariskannya dari generasi ke generasi.

2. Jari manis

Jari manis kiri melambangkan pernikahan dan pertunangan bagi pria. Di banyak tempat, pria biasanya meletakkan jari manis kiri untuk pernikahan dan jari manis kanan untuk pertunangan. Sebelum ilmu kedokteran berkembang, orang mengira ada vena langsung dari jari manis ke jantung. Itu disebut vena amoris , atau “pembuluh darah cinta”. Sejak itu, menjadi satu hal yang wajar jika jari manis memakai cincin kawin. 

Cincin kawin yang dikenakan di jari manis bukanlah cara yang umum di abad ke-20. Pada awal abad ke-20, pria yang pergi berperang sering memakai cincin untuk mengingatkan mereka tentang orang yang mereka cintai ada di rumah. Sejak itu, cincin kawin menjadi populer, dan bahkan menjadi terjangkau.

3. Jari tengah

Sangat sedikit pria yang memilih memakai cincin di jari tengah. Selain itu, perhatikan bahwa jika Anda meletakkan cincin di jari tengah Anda, itu akan menghalangi segalanya. Dan itu memberikan perasaan aneh serta tidak nyaman.

Cincin yang dikenakan di tengah tangan melambangkan keseimbangan dan tanggung jawab. Selain itu, cincin yang dikenakan di jari tengah adalah keputusan berani yang menarik perhatian, dan bisa menjadi pembuka percakapan.

4. Jari telunjuk

Pria memakai lambang keluarga atau cincin stempel di salah satu jari telunjuk mereka seratus tahun yang lalu untuk melambangkan kekayaan dan peringkat sosial mereka. Ini dianggap sebagai jari yang paling dominan.

Hal ini sering dipandang sebagai simbol otoritas dan kepemimpinan. Orang-orang di bawah peringkat tertentu tidak diizinkan memakai cincin di jari telunjuk mereka di beberapa kota Eropa, karena hal ini cenderung mewakili status keluarga. 

Saat ini, pria cenderung memakai cincin kelas dan cincin persaudaraan di salah satu jari telunjuk mereka. Bagi kebanyakan pria, jari telunjuk adalah yang terbesar, jadi itu berarti Anda harus memakai cincin yang lebih besar agar terlihat proporsional.

5. Ibu jari

Jempol adalah kunci untuk posisi pegangan apa pun, jadi menggunakan cincin di jari ini dapat membatasi gerakan Anda, dan mungkin terasa aneh. Mengenakan cincin di ibu jari menunjukkan kekayaan dan pengaruh. Ini dianggap sebagai pilihan paling berani bagi sebagian pria untuk membuat cincin karena ibu jari cukup tebal.

Dan Anda juga membutuhkan sesuatu yang penting yang masih memungkinkan Anda untuk menggerakkan tangan dengan bebas. Untuk alasan itu, paling sering dipakai dalam pengaturan mode penggunaan cincin berlian pria.

Jika seorang pria diberi cincin sebagai hadiah, itu melambangkan pertunangan atau pernikahan. Jika tidak, mereka cenderung memakainya di kedua ibu jari. Simbolisasi lainnya adalah persahabatan, seperti dalam pengaturan cincin di jari jempol.