Bukankah kita semua menginginkan kesejahteraan fisik yang utuh dalam hal-hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi kita? Kita semua melakukannya, bukan? Tapi itu tidak semua. Kesehatan reproduksi yang baik juga mencakup kesejahteraan mental dan sosial yang lengkap. Begitulah cara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melihatnya.

Saat Anda memiliki tiga hal berikut:

  • Kehidupan seks yang aman dan memuaskan
  • Kapasitas untuk bereproduksi
  • kebebasan untuk memutuskan apakah dan kapan Anda ingin mereproduksi dan seberapa sering melakukannya

Paling atas dalam daftar hal-hal yang dapat mencegah Anda menikmati ketiga hal ini adalah masalah kesehatan reproduksi. Kondisi seperti fibroid rahim, endometriosis, kanker ginekologi, HIV/AIDS, IMS, sistitis interstisial, dan bahkan kekerasan seksual mendominasi daftar tersebut.

Pertanyaan yang mungkin Anda tanyakan pada diri sendiri sekarang adalah “Bagaimana cara saya menghindari masalah kesehatan reproduksi ini?” Itulah yang artikel ini adalah tentang. Setelah melakukan penelitian dan wawancara mendalam dengan pakar kesehatan dan beberapa korban, berikut yang kami temukan terkait kesehatan reproduksi di Australia :

1. MENCARI PELAYANAN KESEHATAN SEKSUAL PENCEGAHAN

Jika Anda belum melakukannya, kini saatnya mencari solusi kesehatan reproduksi. Ini adalah cara terbaik untuk mendeteksi dan mengobati komplikasi kesehatan reproduksi sejak dini. Australia sebenarnya memiliki kebijakan dan program hebat yang dirancang untuk memantau dan mencegah infeksi menular seksual.

 Jika layanan yang Anda cari tidak ditanggung oleh Medicare, Anda dapat berbicara dengan perusahaan asuransi swasta untuk mengetahui apakah mereka memiliki rencana yang menanggungnya.

Anda juga dapat sering mengunjungi dokter kandungan Anda. Mintalah mereka melakukan pap smear, pemeriksaan panggul, skrining IMS, tes HIV, Skrining Hepatitis C, dan tes lain yang penting bagi kesehatan reproduksi Anda. Jika terdeteksi dini, peluang Anda untuk bertahan hidup akan tinggi.

Layanan pencegahan lainnya meliputi :

  • Vaksin seperti Vaksin Hepatitis B dan vaksin HPV, yang meminimalkan risiko tertular virus penyebab kanker serviks, kutil kelamin, di antara kanker lainnya.
  • Konseling dan nasihat yang akan membantu Anda sampai pada keputusan yang meningkatkan kesehatan Anda. Mungkin pada hal-hal seperti kontrasepsi dan pencegahan IMS.
cara menjaga kebersihan dan kesehatan alat reproduksi

2. REVISI DIET & KEBIASAAN ANDA

Makanan terus menjadi pusat perhatian dalam hal kesehatan reproduksi di Australia, khususnya masalah kesuburan wanita. Ini adalah salah satu faktor yang terkait dengan hasil kesuburan yang positif.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di situs National Center for Biotechnology Information (NCBI), ditemukan kandungan nutrisi berikut untuk meningkatkan kesehatan reproduksi wanita, termasuk kesuburan:

  • Asam lemak omega-3 dan omega-6
  • Makanan indeks glikemik rendah
  • Diet rendah karbohidrat
  • Protein nabati
  • Antioksidan

Tujuan Anda sekarang adalah menemukan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi tersebut.

Alkohol dan merokok dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi Anda. Faktanya, wanita yang sangat menikmati kedua kebiasaan tersebut berisiko lebih tinggi terkena kanker sistem reproduksi dan penurunan kesuburan.

Rokok, khususnya, membawa zat beracun yang menyebabkan kanker, kecanduan, dan masalah koroner. Studi menunjukkan bahwa wanita yang merokok mengekspos rahim, indung telur, dan bagian lain dari sistem reproduksi mereka untuk komplikasi kesehatan. Bagi wanita hamil, merokok membuat bayi mengalami malfungsi bawaan.

Menghindari kedua kebiasaan atau menurutinya secara bertanggung jawab adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan reproduksi Anda dan meningkatkan kesehatan umum Anda.

3. TERLIBAT DALAM SEKS AMAN

Beberapa ahli tidak setuju bahwa tidak ada yang namanya seks aman. Mereka percaya bahwa semua bentuk kontak seksual membawa beberapa risiko. Terlepas dari perdebatan ini, faktanya tetap bahwa seks yang ceroboh dan berisiko membuat Anda lebih banyak mengalami masalah kesehatan reproduksi.

Ini adalah waktu yang tepat untuk membatasi pasangan seksual Anda (jika Anda memiliki beberapa). Semakin banyak yang Anda miliki, semakin tinggi risiko tertular infeksi menular seksual (IMS) dan kanker reproduksi tertentu. Ingat, beberapa PMS seperti HPV dan herpes tidak dapat disembuhkan dan dapat berdampak pada kehidupan dan kesehatan Anda.

HIV adalah penyakit lain yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan hubungan seks yang ceroboh dan berisiko. Saat ini, lebih dari 23.000 orang Australia hidup dengan HIV.

Jika Anda tidak dapat membatasi jumlah pasangan seksual, pastikan Anda menggunakan perlindungan. Pada saat yang sama, lakukan tes – baik Anda dan pasangan Anda – sebelum Anda melakukan hubungan seksual. Jika Anda menduga bahwa Anda mungkin tertular IMS atau HIV, segera lakukan tes dan pengobatan di fasilitas kesehatan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *