kuliah broadcastingkuliah broadcasting

Kuliah broadcasting – Perlu Anda ketahui yang dimaksud broadcasting adalah proses komunikasi dari satu titk ke penonton, sebagai proses pengiriman informasi dari seorang produser, ke masyarakat melalui proses gelombang elektromagnetik.

Dalam ilmu komunikasi broadcasting dikenal sebagai disiplin ilmu terapan yang secara khusus mempelajari tentang pengemasan pesan melalui media massa elektronik. Misalnya televisi, radio, dan internet.

Untuk studi lebih mendalam tentang broadcasting ada banyak fakultas  mandiri yang menyediakan program studi kuliah broadcasting, tetapi Broadcasting juga termasuk dalam program ilmu komunikasi.

Salah satu karya film juga disebut Broadcasting, karena film itu juga termasuk proses pengiriman pesan dalam bentuk elektronik, melalui penyiaran. Begitu banyak minat di dunia penyiaran memberikan ruang bagi perguruan tinggi dan sekolah untuk membuka jurusan Broadcasting, dan bersaing dalam menciptakan output berkualitas. Sebelum Anda masuk ke dunia broadcasting, Anda harus mengetahui apa itu broadcasting.

kuliah broadcasting
Kuliah Broadcasting

Broadcasting umumnya dibagi menjadi tiga bagian, yang pertama adalah manajemen berita, atau juga bisa disebut News. Jurusan ini di khususkan bagi Anda yang ingin menjadi penyiar berita, presenter, penulis naskah, dan wartawan berita. Di sini Anda akan belajar Public Speaking, menulis skrip berita, menyusun buletin berita, dan mempelajari kinerja TV.

Jurusan kedua adalah manajemen produksi atau yang biasa disebut Manpro. Jurusan ini disediakan bagi Anda yang tertarik sebagai produser, sutradara, penulis skenario, dan tim kreatif. Dalam Program Broadcasting ini, Anda akan belajar secara mendalam, tentang cara mengambil sudut pandang yang baik, mengatur acara, menulis skrip program, dan belajar memahami dunia televisi.

Dan yang ketiga adalah jurusan teknik produksi, yang biasa disebut tekpro. Jurusan ini disediakan bagi Anda yang tertarik dengan dunia penyiaran dalam teknik produksi, yang meliputi kamera, editor, soundman, dan lightman.

Dalam jurusan ini Anda wajib untuk mempelajari cara pengambilan gambar yang baik, penyusunan suara, pencahayaan, pengeditan gambar dan pengeditan grafis. Di IDS International Design School, Anda dapat mempelajari berbagai program kuliah broadcasting, dengan alat dan infrastruktur yang berkualitas untuk mendukung minat Anda di dunia broadcasting.

Related Post