desain ruang tamu modern
desain ruang tamu modern

Ruang tamu adalah salah satu bagian penting dari hunian Anda lantaran dijadikan sebagai tempat untuk menyambut tamu. Orang yang datang ke rumah Anda pasti akan menilai kenyamanan hunian dari desain ruang tamu. Ada cukup banyak konsep atau desain ruang tamu yang bisa dicoba. Salah satu yang sangat direkomendasikan dan cocok untuk milenial adalah desain ruang tamu modern.

Desain modern biasanya identik dengan kesan minimalis, simple, namun tetap modern dan kekinian. Selain pemilihan warna, penggunaan furniture yang tepat merupakan poin penting dalam desain modern. Furniture yang digunakan biasanya harus multifungsi karena ruangan yang terbatas. Adapun rekomendasi furniture yang bisa Anda pertimbangkan yaitu:

Sofa Minimalis

Sofa menjadi furniture yang tidak boleh dilewatkan ketika mendesain ruang tamu yang nyaman. Adanya sofa bisa membuat tamu lebih nyaman saat berkunjung ke rumah Anda. Desain modern yang minimalis juga membutuhkan sofa yang minimalis dan tidak terlalu memakan banyak tempat. Gunakan warna yang nyaman seperti warna-warna netral agar lebih mudah dipadu padankan dengan furniture lainnya.

Sofa Bed

Apabila Anda tidak berniat membeli sofa karena terlalu besar, cobalah mempertimbangkan untuk membeli sofa bed. Sesuai namanya, furniture ini adalah furniture multifungsi yang bisa digunakan untuk sofa sekaligus bed. Dengan adanya sofa bed di ruang tamu, Anda bisa bersantai kapan saja. Sama seperti sofa, Anda juga perlu mempertimbangkan warna netral agar mudah diselaraskan dengan dekorasi ruang tamu lainnya.

Lemari dengan Ekstra Storage

desain ruang tamu modern
desain ruang tamu modern

Lemari dengan ekstra storage biasanya berukuran besar. Namun jangan berpikir bahwa furniture ini hanya akan membuat ruang tamu penuh dan sesak. Anda bisa memanfaatkan lemari dengan ekstra storage sebagai partisi antara ruang tamu dengan ruang lainnya, misalnya ruang bersantai. Partisi dengan lemari besar bisa membuat rumah tampak lebih lega dan bebas. Pertimbangkan dengan baik pemilihan model lemari sehingga cocok untuk dijadikan partisi.

Rak Dinding

Rak dinding menjadi pilihan furniture dalam desain ruang tamu modern apabila Anda tidak suka dengan partisi berupa lemari. Rak dinding ini bisa berfungsi sebagai tempat menyimpan buku atau dekorasi lainnya. Selain itu, rak dinding juga menambah nilai estetika dari ruang tamu rumah Anda.

Lampu Gantung Hias

Satu lagi furniture yang bisa dijadikan dekorasi yaitu lampu gantung hias. Ada cukup banyak desain lampu gantung hias yang bisa Anda pilih sesuai selera. Pemilihan desain lampu gantung hias juga sangat penting dalam memberikan kesan modern. Dibandingkan lampu gantung mewah, sebaiknya pilih lampu gantung minimalis namun masih terkesan modern.

Coffee Table

Coffee table adalah meja yang paling cocok untuk ruang tamu modern dengan konsep minimalis. Banyak orang lebih memilih jenis meja ini lantaran ukurannya yang kecil sehingga tidak menghabiskan banyak space. Ada banyak desain coffee table yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Bangku Ottoman Lipat

Bangku ottoman lipat bisa mendampingi sofa atau sofa bed dari ruang tamu Anda. Di samping untuk dudukan, bangku ini juga berfungsi sebagai kotak penyimpanan. Bangku ottoman bahkan bisa dilipat saat tidak digunakan. Sangat berguna bukan?

Itulah rekomendasi beberapa furniture yang bisa Anda terapkan pada ruang tamu modern. Ingin mendapatkan inspirasi desain ruang tamu modern lainnya? Anda bisa mendapatkannya di Masterumah.id. Platform website tersebut adalah ruang inspirasi yang dibangun oleh Semen Tiga Roda.

Anda bisa mendapatkan berbagai inspirasi seputar desain interior rumah, desain eksterior, dan lain sebagainya. Ada beberapa fitur lain juga yang bisa dimanfaatkan, termasuk Tanya Master untuk bertanya kepada ahlinya. Langsung kunjungi masterumah.id untuk mendapatkan inspirasi yang Anda butuhkan.