ruam anak
ruam anak

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa kulit anak sangatlah sensitif, sehingga mudah sekali terkena berbagai permasalahan kulit, dan salah satunya adalah ruam anak. Yang mana ruam ini merupakan suatu kondisi reaksi pada kulit, yang penyebabnya ada banyak sekali seperti dari infeksi, reaksi obat, iritasi kulit, gigitan serangga, dan juga dari reaksi alergi. 

 Adapun berbagai jenis ruam anak yang sering menyerang sikecil, diantaranya sebagai berikut :

  • Hand, foot, and mouth disease

Hand, foot, and mouth disease ini biasa juga dikenal dengan istilah Flu Singapura. Yang mana Flu Singapura ini merupakan suatu penyakit menular, dan seringkali menyerang pada anak-anak yang berada direntang usia 5 sampai 10 tahun, yang disebabkan oleh infeksi dari jenis kelompok virus “enterovirus”. Anak yang terkena penyakit Flu Singapura ini bisa dikenali dengan adanya luka lepuh yang berisi cairan, pada area telapak tangan, telapak kaki, dan juga pada area dalam mulut.

Gejala lain dari terkena flu singapura ini juga bisa dikenali dengan berbagai indikasi seperti demam, rasa sakit pada area tenggorokan, sariawan, kurangnya nafsu makan, ruam disertai dengan lepuhan pada area telapak tangan, kaki, dan juga area bokong, sering rewel, nyeri pada area perut, dan juga batuk. 

ruam anak
ruam anak
  • Campak

Campak merupakan salah satu jenis penyakit yang sifatnya menular dan peyebab utamanya adalah akibat dari terpapar virus. Untuk mengenalinya, ruam campak ini bisa mudah dikenali ketika terjadi bintik merah kecil pada sekitaran area wajah dan leher. Bila tidak segera ditindak lanjuti, ruam campak ini bahkan bisa semakin terus membesar areanya hingga menyerah ke seluruh area tubuh. Pada sebagian kasus juga ditemukan fakta bahwa ruam campak ini bisa mengakibatkan rasa gatal. 

  • Cacar air

Tidak berbeda jauh dengan ruam campak, cacar air ini juga merupakan suatu kondisi penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. Namun bedanya untuk kondisi cacar air ini, ditandai dengan ruam merah yang menonjol pada seluruh area anggota tubuh. Dan bila tidak segera ditangani dengan baik, ruam cacar air ini bisa semakin parah dengan menunjukan luka lepuh. Bila sikecil sudah terkena cacar air, maka ada banyak sekali pantangannya. Seperti diantaranya jangan melakukan kontak fisik dengan orang lain, jangan terkena paparan angin, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

  • Ruam popok

Bila terjadi peradangan atau kulit terlihat kemerahan pada area bokong dan selangkangan sikecil, bisa jadi sikecil sudah terkena ruam popok. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa kondisi ruam yang satu ini, bisa terjadi karena efek terlalu lama sikecil dalam menggunakan popok. Parahnya, bila ini terus dibiarkan maka bisa mengakibatkan terjadi bintil merah, kulit mengelupas, luka lepuh, dan bahkan bisa juga berakibat benjolan berisikan nanah. 

Pada beberapa kasus memang ditemukan juga bahwa kondisi ruam anak ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun jika anda merasa khawatir dan tidak tahu mengenai penyebab anak anda terkena salah satu ruam yang ada diatas, maka dengan berkonsultasi dengan dokter terdekat bisa menjadi opsi yang tepat. 

Apalagi jika terjadi berbagai hal seperti berikut, maka dengan mengunjungi dokter harus disegerakan. 

  • Apabila ruam muncul secara tiba-tiba dan menyebar dengan begitu cepat pada tubuh sikecil.
  • Ruam sudah terlihat semakin berkembang menjadi luka terbuka atau luka melepuh.
  • Ruam kulit disertai dengan kondisi demam pada sikecil.
  • Munculnya berbagai tanda-tanda infeksi pada ruam, seperti diantaranya rasa nyeri, bengkak, dan juga mengeluarkan cairan berwarna kuning kehijauan.