tumbuh kembang anak usia 3 tahuntumbuh kembang anak usia 3 tahun

Usia 3 tahun pada anak membuatnya mulai aktif dalam berbicara atau berkomunikasi, sehingga berbagai pertanyaan bisa muncul kapan saja dari anak. Pada usia ini anak juga pandai dalam menirukan berbagai tokoh favoritnya atau apapun yang dilakukan orang dewasa yang dia lihat. Dari itu sebagai orang tua kiranya perlu tahu apa saja yang terjadi pada proses tumbuh kembang anak usia 3 tahun untuk bisa mengenali apa saja yang terjadi pada anak.

Tumbuh kembang anak yang ideal dan tetap optimal pada usia 3 tahun tidak hanya terlihat pada satu aspek saja seperti kemampuan bahasa anak. Lebih dari itu tumbuh kembang anak usia 3 tahun juga terjadi pada aspek lainnya. Dari itu berbagai perkembangan yang terjadi pada anak penting diketahui oleh orang tua, seperti berikut ini.

tumbuh kembang anak usia 3 tahun
tumbuh kembang anak usia 3 tahun
  1. Tumbuh kembang fisik dan motorik anak. Perkembangan pada fisik dan motorik anak dapat dilihat dari bagaimana kemampuan anak dalam berjalan dengan baik, bisa berdiri seimbang dengan satu kaki, mampu naik dan turun tangga sendiri, bisa melompat dengan satu kaki,  dan yang lainnya. Kemampuan fisik dan motorik ini akan terus berkembang sesuai dengan usianya sehingga dari awal penting bagi orang tua mengenalinya.
  2. Tumbuh kembang bahasa anak. Selanjutnya perkembangan pada bahasa anak juga meningkat dengan anak bisa berkomunikasi atau menuruti perintah. Misalnya kemampuan anak dalam berkata-kata dengan 2-3 kalimat sekaligus, kemampuan dalam mengenalkan diri dengan menyebut nama, usia, jenis kemalin, dan yang lainnya.
  3. Tumbuh kembang kognitif anak. Perkembangan kognitif pada anak usia 3 tahun meliputi berbagai aspek seperti kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah, berpikir, dan juga belajar anak. Perkembangan kognitif  ini dapat dilihat dari hal-hal seperti berikut.
  1. Bisa menyelesaikan puzzle yang sederhana seperti tiga atau empat bagian
  2. Mampu memainkan mainan yang memiliki tombol atau bagian yang bergerak
  3. Mampu membuka halaman buku satu persatu
  4. Bisa membuat atau menggambar lingkaran pada pensil atau krayon
  5. Sudah mengerti akan angka dan huruf
  6. Tumbuh kembang anak pada aspek sosial dan emosional. Perkembangan anak pada usia 3 tahun juga terlihat dari aspek sosial dan emosional anak. untuk hal ini bisa dilihat dari tingkah anak seperti meniru kan apa yang dilakukan temannya atau orang dewasa, bisa berpakaian tanpa bantuan, mau bergiliran saat bermain, dan juga bisa bersikap mandiri ketika ditinggal ibunya.

Dukung Perkembangan Usia Anak 3 Tahun

Peranan orang tua sangat besar dalam mendukung proses perkembangan anak usia 3 tahun, dari itu sebagai orang tua bisa melakukan berbagai hal untuk edukasi anak yang tepat sehingga bisa tumbuh optimal seperti dengan hal-hal berikut.

  1. Biarkan anak memiliki banyak waktu di luar rumah dengan bermain bersama teman-temannya, cara ini bisa menstimulasi anak dalam emosi, sosial, dan bahasanya yang akan terus bertambah.
  2. Ajak anak berbicara dan dengarkan apa yang mereka bicarakan akan berbagai kegiatan yang dilakukannya saat bermain bersama teman-temannya.  
  3. Lakukan kegiatan seperti menggambar, mewarnai, membuat ragam seni kreativitas dengan memanfaatkan berbagai benda seperti gunting, spidol, kertas, dan yang lainnya.
  4. Bentuk rutinitas harian tidur yang sesuai. 

Selain cara-cara di atas untuk mendukung perkembangan usia anak saat 3 tahun pastikan juga akan kebutuhan nutrisi anak. Untuk hal ini berikan minuman penuh gizi seperti Dancow Nutritods yang sudah berpengalaman dalam memberikan asupan nutrisi lengkap dan bergizi bagi anak. 

Bisnis

By Bisnis

Related Post