Cantik menurut islam adalah kecantikan lahir dan batin yang timbul dari ketaatan seorang wanita muslimah kepada Allah SWT. Wanita yang cantik senantiasa mengikuti perintah Allah SWT dan sunnah Nabi Muhammad saw. Kecantikan seorang wanita muslimah terpancar ketika ia memegang teguh keimanannya.

Kecantikan lahir adalah anugerah yang dikaruniakan Allah SWT kepada wanita. Wanita diberi paras yang indah yang dapat menarik hati lawan jenisnya. Kecantikan ini bukanlah untuk disalahgunakan dengan mengumbarnya dalam kemaksiatan. Namun, kecantikan inilah yang harus senantiasa dijaga oleh setiap wanita muslimah.

Allah SWT memberikan nikmat kecantikan bagi wanita dan Allah memberikan seperangkat aturan untuk menjaganya di dalam al-qur’an. Salah satu aturan itu adalah diwajibkannya berjilbab bagi wanita yang terdapat dalam al-qur’an surat al-ahzab ayat 59 yang artinya :

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS. Al-ahzab :59)

Berbahagialah bagi para wanita beriman yang menjalankan perintah Allah ini. Dengan berjilbab kecantikan seorang wanita menjadi semakin terpelihara dari berbagai gangguan yang menimpanya. Ketika wanita berjilbab terpancarlah cahaya keimanan dalam dirinya sehingga wanita semakin terjaga ketaatannya kepada Allah.

Menjaga kecantikan dengan berjilbab merupakan salah satu bentuk rasa syukur wanita kepada Allah SWT atas nikmat jasad yang diberikan-Nya. Perlu disadari bahwa berjilbab tidaklah mengungkung wanita dalam keterbatasan yang menghalanginya dari beraktifitas. Dengan berjilbab, wanita muslimah menjadi lebih leluasa dalam menjalankan aktifitasnya sehari-hari. Jika wanita diharuskan beraktifitas keluar rumah dikarenakan suatu sebab yang tidak bisa dihindari, maka wanita akan lebih terjaga dari berbagai gangguan yang bisa saja muncul ketika beraktifitas di luar rumah. Contohnya gangguan fisik yang terjadi pada kulit wanita yang lebih tipis dari kulit pria dan rentan terhadap terpaan sinar matahari. Dengan berjilbab kulit wanita menjadi terjaga kecantikan dan kesehatannya.