jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi

Anda ingin kuliah di jurusan sistem informasi? Jurusan ini sedang mengalami perkembangan pesat, loh. Sejak era komputer pertama kali muncul, teknologi seolah tidak pernah berhenti untuk memberikan yang terbaik. Nah, akan sangat menguntungkan sekali bila Anda bergelut dibidang ini karena peluangnya besar sekali. Karena itu, Anda bisa melanjutkan kuliah pada bidang ini di IDS digital College

Materi Kuliah Jurusan Sistem Informasi

jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi

Sebelum membahas lebih lanjut, berikut ini adalah materi kuliah yang akan diterima saat berada di jurusan tersebut. Perlu Anda ketahui, sistem informasi juga membutuhkan skill dan materi dari jurusan lain. 

  • Algoritma dan pemrograman
  • Struktur data
  • Statistika dasar
  • Pengantar teknologi informasi
  • Matriks dan transformasi linier
  • Sistem operasi
  • Matematika diskrit
  • Rekayasa perangkat lunak
  • Jaringan komputer

Dari daftar diatas, Anda melihat bahwa jurusan ini membutuhkan kemampuan matematika hitung dan logika. Selain itu, Anda juga belajar mengenai analisis dan konsep dasar. Yang terakhir adalah mahasiswa akan belajar untuk membuat sebuah produk atau sistem digital.

Nama-nama bidang tersebut terdengar asing bahkan membuat keraguan bagi lulusan SMA yang kemampuan matematikanya kurang. Selain itu, lulusan di bidang ips mungkin akan mengundurkan diri ketika baru saja mengenal materi kuliah tersebut. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Meskipun terdengar rumit, proses pembelajaran bukan lagi seperti masa lalu. Semuanya berlangsungs ecara dinamis dan pengajar akan memberikan bantuan agar mahasiswa menguasai bidang dengan tepat.

Setelah mengetahui materi di jurusan sistem informasi, Anda segera melakukan persiapan sebelum kuliah. Karena level pendidikan adalah s1, tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi mahasiswa. Sebagaimana yang telah dijelaskan, semua orang bisa berkuliah di bidang ini. Lulusan SMA dan SMK akan mampu mengikuti pelajaran dengan baik.

Anda membutuhkan konsistensi, komitmen, dan ketekunan. IDS memastikan bahwa semua mahasiswa akan mendapatkan dukungan yang layak. Fasilitas penunjang sudah tersedia agars emuanya terpenuhi dengan baik. Inilah faktor utama mengapa harus kuliah di kampus ini.

Karir Dan Prospek Masa Depan

Alasan Anda kuliah adalah untuk karir dan pekerjaan. Bidang komputer dan sistem informasi memiliki cakupan yang luas. Anda memiliki peluang karir dan prospek masa depan yang bervariasi. Selain itu, bidang dan profesi baru juga bermunculan dari yang masih umum hingga fokus ke spesialisasi. 

Sekolah tinggi ini memiliki tiga program studi untuk jenjang s1. Mereka adalah Software Engineering, mobile app & games development, dan cyber security. Bagi masyarakat umum, Software Engineering termasuk bidang yang sudah umum. Karir di bidang ini adalah berkaitan dengan jaringan, internet, sistem informasi, basis data, dan sebagainya.

Pekerjaan yang sudah umum adalah software developer atau pengembang  software. Meskipun sudah banyak yang berkecimpung di bidang ini, peluang masih terbuka. Perlu Anda ketahui, pengembangan software bukan hanya di perusahaan bidang it. Sebaliknya, hampir semua bisnis dan perusahaan sangat bergantung kepada software. Mereka memiliki tim khusus untuk menangani sistem dan penunjangnya. Developer membuat software berdasarkan kebutuhan agar sesuai dengan kondisi di bisnis tersebut.

Berdasarkan program studi, karir yang kini sedang naik daun adalah pengembang game dan aplikasi mobile. Smartphone menjadi perangkat yang mayoritas digunakan oleh pengguna internet. Kebutuhan aplikasi juga sangat tinggi sehingga perusahaan membutuhkan tenaga ahli dan mumpuni di bidang ini.

Aspek lain yang juga berkembang karena bidang ini adalah game. Pembuatan game menyesuaikan platform para gamer termasuk smartphone. Semuanya skill dan kemampuan tersebut bida didapatkan setelah kuliah di jurusan sistem informasi.