Beli Kain Tenun Rangrang via Online
Beli Kain Tenun Rangrang via Online

Beli tenun rangrang kini menjadi kebutuhan berpakaian di Nusantara. Seperti batik, tenun telah menjadi ciri khas budaya Nusantara. Coraknya yang unik dan menarik menjadikan kain ini banyak disukai. Rasanya, tak lengkap jika tidak ada koleksi baju atau kain tenun rangrang dalam lemari. Kaming, proses pembuatan tenun rangrang yang rumit dan panjang membuat warisan Nusantara ini tidak mudah di dapatkan. Alternatifnya, beli tenun rangrang melaui online. Di samping banyak pilihan, belanja tenun online juga menghemat waktu bagi wanita karir dan ibu rumah tangga. Selain mengasyikkan, belanja tenun rangrang melalui dunia maya juga harus hati-hati. Jangan sampai kecewa menjadi ujungnya. Kecewa karena produknya tidak sesuai harapan, atau menyesal karena proses pembelian dan pelayanan yang tidak profesional. Ada baiknya kita simak tips berikut.

Pertama, cari toko online terpercaya. Cara awal paling mudah dan praktis adalah mencari melalui mesin pencari Google. Logikanya, butuh perjuangan agar situs online berada diperingkat atas mesin pencari Google seperti sering update konten, dan tentunya bukan situs yang baru dibuat. Begitu berada di peringkat atas mesin pencari, tentu mereka tidak ingin merusak reputasi situsnya dengan melakukan penipuan misalnya. So, cari di search engine dengan kata kunci yang berhubungan seperti “tenun”, “toko tenun”, atau “jual kain tenun”.

Begitu keluar hasilnya, klik beberapa situs yang dari keterangannya, terlihat menjual tenun rangrang. Amati tampilan websitenya apakah terlihat dibuat dengan serius atau asal-asalan. Amati juga produk dan harganya. “Anda selidiki apakah mereka memiliki situs sendiri atau lebih baik lagi jika anda berbelanja pada toko online yang memiliki situs dengan domain dan hosting sendiri, bukan situs gratisan. Karena dengan begitu menandakan bahwa mereka memang serius melakukan bisnis dengan beli nama domain dan menyewa hosting sendiri,” saran blog komunitas anti Tokoonlinepalsu.

Domain berbayar ditandai dengan akhiran .com, .net, .org tanpa embel-embel penyedia layanan di depannya. Misalnya merupakan domain berbayar sedangkan namatoko.blogspot.com dan www.facebook.com namatoko menunjukkan toko online gratisan. Memang tidak semua online shop di Facebook adalah gadungan namun jika berbelanja online lewat Facebook, lebih baik bertransaksi dengan orang yang benar-benar anda kenal atau akun yang telah memiliki track record yang baik. Indikasinya dapat terlihat dari komentar positif dari banyak pelanggan pada setiap postingan atau foto produk yang di unggah. Kedua, komunikasi dengan penjual. Hubungi penjual melaui kontak yang tersedia baik SMS, telefon, atau BBM.

Selain untuk memperjelas produk yang anda inginkan, kontak penjual juga akan memberi gambaran bagaimana karakter penjual dalam menerangkan produk dan menjawab pertanyaan. Begitu pula, penjual akan lebih mengenal Anda dan apa yang Anda inginkan. Tentunya, komunikasi yang terjalin seperti ini akan bermanfaat setelahsetelah proses jual beli. Tanyakan juga apakah boleh retur jika barang rusak, prosedur pengembalian dan ada tidaknya tambahan biaya. Hal ini penting karena banyak toko online dengan sistem dropship yang menyulitkan ketika perlu retur akibat kerusakan atau salah kirim barang. Kita tidak akan tahu apa yang terjadi setelah proses pembelian.

Mungkin barangnya tidak sampai, salah kirim barang atau ada kerusakan. Komunikasi yang telah terjalin sebelum pembelian akan mempermudah komunikasi jika ada permasalahan di kemudian hari. So, meski Anda sibuk sempatkan berkomunikasi dengan penjual. Waktu 1-2 menit chatting via BBM sudah banyak membantu menghindari miskomunikasi di kemudian hari. Ketiga, waspadai harga murah. Lebih baik jika anda tidak melakukan transaksi dengan penjual yang menawarkan harga jauh murah dari harga pasaran. Sebagian besar dari kita sering terperdaya dengan kata-kata, “Kami ambil untung sedikit saja, asal tetap lancar”. Sebaiknya kita tetap waspada, karena resiko selalu ada pada kita yang umumnya mentransfer pembayaran terlebih dahulu. Daripada beresiko kehilangan semua uang yang kita transfer, lebih baik membayar dengan harga normal pada situs online terpercaya. Demikian tips beli tenun rangrang ikat melaui online.