3 Hal yang Harus Dikurangi untuk Mencegah Diabetes

Makan merupakan aktifitas yang selalu dilakukan oleh manusia, atau bisa dikatakan itu merupakan kewajiban dan memang manusia perlu makan untuk bertahan hidup. Namun terkadang karena hobi makan kita suka lupa kapan untuk berhenti makan. Kondisi seperti ini akan semakin diperburuk dengan banyaknya makanan yang tersedia sehingga tidak menyadari efek negativnya. Makan makanan yang bergizi dan terkontrol merupakan cara kita untuk menjaga pola hidup sehat. Lalu apa jadinya jika kita sembarang makan, bahkan porsinya pun tidak terkontrol. Salah satu efek negative dari tidak mengontrolnya pola makan yaitu bisa menyebabkan kegemukan. Tidak hanya sampai sana kegemukan juga bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti diabetes.  penyakit diabetes memang sangat rentan terjadi pada orang yang memiliki berat badan berlebih. Untuk itu bagaimana cara mencegah diabetes tersebut?

Cara mencegah diabetes yang efektif dilakukan yaitu mengurangi beberapa makanan dan minuman yang bisa memperburuk keadaan. Ada pun makanan dan minuman yang harus kita kurangi yaitu seperi:

Mengurangi makanan berlemak

Makanan yang banyak mengandung lemak bisa dengan mudah meningkatkan kadar glukosa darah, sehingga bisa memicu terjadinya diabetes. Oleh karena itu sebaiknya kita menghindari makanan yang banyak mengandung lemak seperti junk food, jeroan dan lain sebagainya. ini juga berlaku ini ibu yang sedang hamil.

Mengurangi Porsi Makan

Obesitas atau sering kita kenal dengan kegemukan disebabkan karena orang tersebut tidak bisa mengontrol porsi makanannya. Kondisi tubuh yang gemuk bisa memicu timbulnya penyakit gula darah. Untuk itu jika anda tidak ingin mengalami diabetes, sebaiknya mulai sekarang kurangi porsi makan dari biasanya.

Mengurangi minum yang manis

Minuman yang manis seperti kopi, jus atau yang lainnya memiliki kandungan glukosa atau gula yang cukup banyak, zat gula yang terkandung di dalam minuman tersebutlah yang bisa menyebabkan kencing manis dan diabetes. Maka dari itu, untuk menghindari penyakit diabetes tersebut sebaiknya kurangi minum minuman yang mengandung gula berlebih, sebaiknya ganti gula tersebut dengan gula yang rendah kalori.

Datangnya penyakit bukan karena tidak ada sebab, jika kita mengkonsumsi makanan yang sembarang yang memang kurang baik untuk kesehatan maka segala penyakit mungkin bisa timbul. Untuk itu sebaiknya mulailah menjalankan pola hidup yang sehat, agar tubuh anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakti seperti diabetes.