sopan santun
sopan santun

Setiap orang tua pasti menginginkan putra dan putrinya tumbuh sehat, kuat, berkarakter dan cerdas. Selain asupan nutrisi yang baik pola asuh anak  juga memberikan peran penting.

Pola asuh yang tepat bisa membuat anak tumbuh dengan baik tidak hanya fisik namun perkembangannya. Selain itu pola asuh yang baik bisa membuuat anak memiliki karakter yang baik seperti sopan santun. Ditambah lagi pola asuh yang baik dapat memberikan kesempatan kepaada anak untuk bereksplorasi.

sopan santun
sopan santun

Pola asuh anak dengan membiarkan anak bereksplorasi faktanya memberikan manfaat untuk perkembangan anak. Tidak hanya untuk kecerdasan otaknya tetapi juga untuk kemampuan motorik, perkembangan fisik, mental dan sosial seperti membangun karakter sopan santun.

Selain dari itu masih ada banyak manfaat lain dengan membiarkan anak bereksplorasi.

Berikut manfaat pola asuh anak yang membiarkannya untuk bereksplorasi.

1. Mengenal Lingkungan

Manfaat pertama dengan membiarkan si kecil bereksplorasi adalah anak akan mampu mengenal lingkungannya. Contohnya, dengan mengetahui bentuk yang ada di rumah seperti bentuk meja, kursi dan benda benda lain yang ada di rumah. Selain itu juga si kecil bisa mengenal hubungan sosialnya di lingkungan, pola asuh yang benar bisa membangun berbagai karakter baik seperti sopan santun.

2. Melatih Kemampuan Motorik

Dengan membiarkan anak untuk bereksplorasi, tanpa disadari kita sebagi orang tua sedang melatih kemampuan motoriknya. Karena otot-ototnya akan digunakan untuk bergerak. Selain itu anak juga akan belajar keseimbangan dan kontrol saat mereka bereksplorasi.

3. Melatih Kemampuan Persepsi

Membiarkan anak untuk bereksplorasi juga ternyata bermanfaat untuk melatih tingkat persepsi anak. Yang mana anak bisa belajar mengetahui tata letak. Conoth, membiarkan si kecil merangkak kesana kemari di rumah, bisa membuat nya tahu setiap ruangan yang ada di rumah. Si kecil bisa mengenal kamar tidur, kamar mandi, dapur dan ruangan lain yang ada di rumah.

4. Melatih Hubungan Sebab Akibat

Anak yang dibiarkan untuk bereksplorasi akan memahami hubungan sebab akibat. Selain itu anak juga akan memiliki banyak pengalaman. Contohnya, ”jika aku memegang air panas. Ibu selalu berkata ‘hati-hati, itu panas’ dan jika aku terus memegangnya maka tanganku akan melepuh dan sakit.”

5. Memahami Proses

Saat orang tua membiarkan anak untuk bereksplorasi, orang tua juga tanpa disadari telah mengajarinya untuk memahami proses. Contoh saat anak ingin sepotong kue dari ibunya, maka dia harus berjalann mendekati ibu. Yang mana si anak harus paham bahwa jika ia ingin kue maka harus mendekati ibu dan membuka mulutnya.

Itulah lima manfaat membiarkan si kecil bereksplorasi. Hal tersebut sejalan dengan tujuan Dancow yang membiarkan anak-anak untuk bereksplorasi dan membuat ibu lebih berani mengatakan “iya, boleh” agar perkembangan anak berjalan dengan baik.