cara mencegah ketombe
cara mencegah ketombe

Semua orang pastinya sudah sangat mengetahui apa itu ketombe ? ya, ketombe merupakan pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit.

Namun, ada orang yang mengalami secara terus menerus (kronis ataupun sekali-sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi. Kebanyakan kasus ketombe dapat disembuhkan dengan sampo khusus atau pengobatan bebas.

cara mencegah ketombe
cara mencegah ketombe

Memiliki ketombe di kepala kita merupakan sebuah masalah yang tidak boleh kita diamkan begitu saja. Keberadaan ketombe sangat mengganggu kita, bagaimana tidak ? kita harus selalu menggaruk kepala kita setiap saat karena kita merasakan rasa gatal yang berlebihan dikarenakan jumlah ketombe yang ada di kepala kita sangat banyak.

Sebelum ketombe hinggap di kepala anda, sebetulnya anda bisa mencegahnya dengan melakukan berbagai langkah sebagai cara mencegah ketombe agar ketombe tersebut tidak akan pernah bisa menyerang kepala anda.

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan cara mencegah ketombe agar tidak menyerang kepala anda. Adapun beberapa cara mencegah ketombe tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Keramas secara teratur. Dengan keramas, Anda akan membersihkan rambut, menyegarkan folikel rambut, mengurangi penumpukan minyak di kulit kepala, dan mencegah bertumpuknya sel-sel kulit kepala yang mati, yang kesemuanya dapat menimbulkan ketombe.
  2. Berjemur di bawah sinar matahari. Mendapatkan sedikit sinar matahari setiap hari di kulit kepala akan membantu membuatnya tetap sehat, namun Anda harus berhati-hati untuk menghindari luka bakar akibat sengatan matahari.
  3. Mengurangi ketombe dengan bahan alami. Beberapa bahan alami yang biasa digunakan untuk mengatasi ketombe adalah sampo yang berbahan dasar minyak pohon teh (tea tree oil) atau menambahkan suplemen zinc dengan dosis yang tepat ke dalam diet harian.
  4. Cara mencegah ketombe berikutnya adalah dengan menggunakan sampo anti ketombe. Gunakan shampoo yang diformulasikan khusus untuk mencegah ketombe hinggap di kepala anda. Anda bisa menggunakan shampoo Clear yang dipercaya memiliki kemampuan untuk mencegah ketombe karena shampoo Clear memang dibuat sebagai shampoo yang banyak direkomendasikan untuk mencegah munculnya ketombe di kepala anda.