berat badan ideal
berat badan ideal

Mendapatkan berat badan ideal tidak turun langsung dari langit. Ada banyak hal yang harus Anda lakukan untuk mencapainya berat yang ideal, misalnya dengan berolahraga serta mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang dan yang terpenting adalah pola hidup sehat yang harus diterapkan seumur hidup.

Menjalani pola hidup sehat untuk mencapai berat badan ideal tentunya harus memuat hal-hal berikut ini:

berat badan ideal

  • Memeriksakan Kesehatan Secara Rutin

Melakukan general check up secara rutin sangat baik agar dapat mengetahui kondisi kesehatan Anda secara berkala. Dengan melakukan check up penyakit dapat diketahui dengan cepat hingga tidak sempat parah. Selain itu juga dapat berkonsultasi dengan dokter tentang program pola hidup sehat.

  • Aktif Bergerak

Menggerakkan tubuh minimal dilakukan  dengan cara berolahraga ataupun melakukan aktivitas fisik lainnya. Minimal menghabiskan waktu 15 hingga 20 menit untuk melakukan olahraga setiap harinya. Di akhir pekan Anda dapat melakukan aktivitas jogging di pagi atau sore hari selama 30 menit hingga 1 jam. Jangan terlalu sering duduk atau berdiam diri tanpa melakukan aktivitas apapun, karena persendian akan terasa kaku dan tidak nyaman saat digerakkan.

  • Atur Pola Makan

Ketika hendak menerapkan pola hidup sehat maka mengatur dan mencatat setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi sangat penting. Gizi seimbang menjadi satu opsi yang wajib dipertimbangkan saat hendak makan. Lebih banyak serat dan tinggi protein dalam makanan yang dikonsumsi akan berefek bagus untuk tubuh. Hindari makanan dengan karbohidrat atau kalori yang berlebihan akan membuat Anda cepat mengantuk karena makanan tersebut sangat mudah dicerna oleh tubuh. Jangan lupa konsumsi air putih yang cukup.

  • Mengelola Stress Dengan Tepat

Stress yang berlebihan membuat penyakit sangat mudah datang. Tetaplah berpikir positif meskipun di luar atau sekitar Anda banyak hal negatif yang bertebaran. Lakukan aktivitas yang menyenangkan untuk menghilangkan beban pikiran misal bernyanyi, merawat dan merapikan kebun, atau hal kesukaan lainnya. Berikan ruang pengampunan yang besar terhadap mereka yang menyakiti Anda, agar hati terasa lapang dan tidak banyak tuntunan.

Selain ke empat hal di atas, pastikan tubuh Anda mendapatkan istirahat yang cukup untuk menggantikan energi yang dipakai sebelumnya. Perlu untuk diketahui terlalu banyak begadang akan membuat tubuh tidak mencapai berat badan ideal, karena biasanya aktivitas begadang akan membuat nafsu ngemil menjadi lebih besar. Tetap sehat dan selalu bahagia!