anak pintar
anak pintar

Persiapan untuk mendapatkan anak dengan kemampuan terbaik hendaknya sudah dilakukan sejak dini yaitu sejak bayi berada di dalam kandungan. Selama masa kehamilan penuhi semua kebutuhan gizi agar nantinya bayi yang lahir bisa menjadi anak pintar. Kecukupan kebutuhan asupan nutrisi akan membantu perkembangan otak secara maksimal dan akan membuat anak menjadi lebih pintar dan cerdas.

Apa saja sumber makanan yang dibutuhkan dan harus dipenuhi agar nantinya anak menjadi cerdas dan pintar? Inilah beberapa di antaranya.

Nutrisi Agar Anak Lebih Pintar

Ikan

Beberapa orang tua suka memberikan ikan salmon sebagai menu makanan anak mereka. Memang tidak salah karena ikan kaya akan kandungan omega-3 yang sangat baik untuk memaksimalkan perkembangan otak.

Dengan rajin memberikan ikan maka anak akan menjadi lebih pintar. Tapi perlu diingat untuk menghindari cemaran yang terdapat pada ikan pastikan ikan sudah diolah secara matang sempurna.

Susu atau Yogurt

Berikan susu atau yogurt jika ingin anak pintar. Susu merupakan sumber protein tinggi yang sangat baik untuk menambahkan energi bagi pembentukan sel-sel syaraf. Jika anak alergi susu atau intoleran laktosa bisa diberikan yogurt. Di dalam susu dan yogurt terdapat kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang si kecil sehingga pertumbuhannya akan maksimal.

Sayuran Berwarna Hijau

Jangan lupa memasukkan sayuran hijau ke dalam menu makan untuk si kecil meskipun kebanyakan anak tidak suka sayur. Jenis sayuran hijau seperti bayam dan brokoli sangat baik untuk memaksimalkan perkembangan otak si kecil.

Pada sayuran hijau kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan anak. Kalau anak tidak mau sayuran Anda bisa mengolahnya menjadi bahan makanan lain seperti nugget sayur misalnya.

Kacang-kacangan

Sumber makanan yang berasal dari kacang-kacangan juga bisa membuat anak pintar. Mengapa? Karena di dalam kacang-kacangan terdapat senyawa asam folat yang fungsinya sebagai nutrisi untuk membentuk sel-sel otak pada anak.

Berikan si kecil makanan dari kacang-kacangan seperti tahu, tempe, kacang hijau dan sejenisnya. Tujuannya untuk membantu perkembangan otak si kecil agar lebih sempurna.