perkembangan anak usia dini

Masa anak-anak menjadi masa keemasan dimana tumbuh kembang mereka berjalan dengan cepat. Pada masa ini, Mam perlu memberikan perhatian penuh agar tumbuh kembang si Kecil berjalan optimal dan normal. Tahapan perkembangan anak usia dini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti genetik dan lingkungan serta didukung dengan kebutuhan dasar lain seperti stimulasi dan nutrisi.

Selain faktor yang berpengaruh pada perkembangan si Kecil, Mam juga perlu mengenali tiga fase penting dalam perkembangannya. Dalam bukunya yang berjudul Montessori di Rumah, Elvina Lim Kusumo menyebutkan tiga fase yang berpengaruh pada perkembangan si Kecil. Apa saja fase tersebut? Berikut diantaranya:

perkembangan anak usia dini
Perkembangan anak usia dini
  • Fase Absorbent Mind

Hingga usia 6 tahun, otak si Kecil akan terus mengalami perubahan dan berkembang pesat terhadap stimulasi baru. Si Kecil lebih mudah menangkap segala sesuatu yang masih baru untuknya. Pada fase ini juga, si Kecil akan memasuki masa transisi dan mulai bisa memilah antara kenyataan dan khayalan. Tugas orang tua adalah kreatif dalam memberikan kegiatan sehingga si Kecil merasa senang tanpa merasa dituntut.

  • Fase Conscious Absorption

Fase conscious absorption terjadi pada anak usia 3 hingga 6 tahun yang mulai fokus pada diri sendiri dan sadar terhadap apa yang dipilihnya. Memasuki usia 6 tahun, conscious si Kecil akan berkembang sehingga mulai tertarik terhadap aktivitas seperti bekerja sama dalam kelompok.

  • Fase Self-Discipline

Fase self-discipline dibagi menjadi tiga level lagi yaitu kepatuhan level satu, level dua, dan level tiga. Level satu yang terjadi di bawah 3 tahun, si Kecil akan melakukan sesuatu atas perintah orang lain. Level dua si Kecil mulai mengerti untuk mengerjakan perintah orang lain. Dan terakhir level ketiga dimana kedisiplinannya sudah datang dari diri sendiri.

Itulah tiga fase penting dalam perkembangan anak usia dini yang perlu Mam ketahui. Setelah mengenali fase-fase di atas, Mam bisa memberikan dukungan terhadap tumbuh kembang si Kecil dengan tepat. Berikan juga nutrisi dari makanan sehat untuk mendukung tumbuh kembangnya dan lengkapi dengan memberi susu pertumbuhan.

Salah satu rekomendasi susu pertumbuhan anak yang bisa Mam pilih. Susu pertumbuhan ini memiliki dua tahapan usia yaitu S26 tahap 3 untuk usia 1-3 tahun dan S-26 tahap 4 untuk usia 3-12 tahun. Lebih jelasnya mengenai produk Wyeth Nutrition bisa Anda lihat di www.wyethnutrition.co.id.