belajar berhitung
belajar berhitung

Setiap orang tua ingin anaknya tumbuh dengan cerdas dan hebat. Menulis, membaca, serta berhitung merupakan kemampuan dasar si Kecil untuk mendukung proses belajarnya. Pada umumnya, anak belajar berhitung ketika masuk usia sekolah yaitu TK atau PAUD. Namun Bunda juga bisa mengajari si Kecil sejak dini sehingga ketika masuk usia sekolah bisa cepat paham. Berikut ini adalah beberapa cara mudah belajar menghitung yang bisa Bunda terapkan pada si Kecil:

Belajar Menggunakan Jari Tangan

Mengajari berhitung menggunakan jari tangan merupakan tips yang banyak para Bunda lakukan. Misalnya saja dengan meminta si Kecil menunjukkan umur dengan jarinya, jika umur 3 tahun maka acungkan 3 jari. Lalu mintalah si Kecil untuk menunjukkan angka lain seperti 4, 2, dan lain sebagainya.

belajar berhitung
belajar berhitung

Belajar Menggunakan Lagu

Lagu merupakan cara paling mudah agar si Kecil bisa belajar berhitung. Mainkan lagu edukatif yang menggunakan angka, misalnya seperti dua mata saya, satu ditambah satu, dan lain sebagainya. Gunakan gerakan sesuai lirik lagu agar si Kecil semakin paham.

Memasukkan Kue ke Wadah Sambil Dihitung

Memasukkan kue atau permen ke dalam wadah menjadi cara lain untuk mengajari si Kecil berhitung sejak kecil. Siapkan 5 hingga 10 kue dan mintalah si Kecil memasukkannya sambil dihitung. Hal ini juga bisa membantu mereka lebih terbiasa dengan hitung-hitungan.

Belajar Sambil Menggambar

Menggambar merupakan salah satu kegiatan yang paling disukai si Kecil. Bunda bisa memanfaatkan aktivitas favorit ini untuk mengajarinya menggambar. Misalnya seperti menggambar buah jeruk sebanyak yang Bunda sebutkan. Sesekali Bunda juga bisa menggambarkan buah jeruk kemudian meminta si Kecil untuk menghitung jumlahnya.

Itulah berbagai cara mudah mengajari si Kecil belajar berhitung yang bisa Bunda terapkan. Selain belajar dengan aktivitas tersebut, Bunda juga perlu memberikan nutrisi penuh untuk mendukung perkembangan otak si Kecil. Lengkapi juga dengan susu pertumbuhan anak sesuai usianya. Salah satu rekomendasi susu yang bisa Bunda pilih adalah Dancow GUM yang terdiri dari Dancow 1+, Dancow 3+, dan Dancow 5+. Lebih lengkapnya, kunjungi website Dancow yaitu dancow.co.id.