desain ruang tamu minimalis
desain ruang tamu minimalis

Rumah merupakan kebutuhan utama setiap orang karena sebagai tempat untuk bernaung dan beristirahat. Harga rumah terus mengalami kenaikan setiap tahunnya karena lahan pemukiman yang kian sempit. Dengan demikian, kini orang-orang yang memilih rumah ukuran kecil karena harganya yang lebih terjangkau. Anda dapat mencoba tips desain ruang tamu minimalis berikut agar ruangan terlihat lebih luas.

Inspirasi Desain Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan ruang yang cukup penting karena ruangan ini cukup sering dipergunakan untuk menjamu tamu atau tempat berkumpul dengan keluarga. Agar ruangan terasa lebih nyaman maka silahkan tips di bawah ini.

desain ruang tamu minimalis
desain ruang tamu minimalis

Jendela Lebar

Cara menyiasati ruang tamu yang sempit yaitu dengan membuat jendela yang lebar. Jendela yang lebar juga baik untuk sirkulasi udara dan sinar matahari. Dengan banyaknya sinar matahari akan membuat ruangan menjadi lebih terang dan dapat memberikan aksen yang lebih lebar. Selain itu, ruang tamu dengan jendela lebar juga dapat memberikan nuansa yang lebih hangat. Anda pun juga dapat bersantai sambil menikmati pemandangan di luar ruangan.

Pemilihan Cat

Pemilihan warna cat yang Anda gunakan juga dapat mempengaruhi tampilan ruangan tersebut. Untuk ruang tamu yang berukuran kecil akan lebih cocok jika menggunakan cat yang berwarna cerah seperti putih, kuning, atau warna natural lainnya. Warna putih merupakan pilihan warna yang paling banyak digunakan karena sifatnya yang dapat memantulkan cahaya. Semakin banyak cahaya yang ada di ruangan tersebut maka akan memberikan kesan lebar dan hangat.

Langit-Langit

Langit-langit juga mempunyai peran penting untuk menyiasati ruangan yang sempit. Jika langit-langit pada rumah tersebut rendah maka rumah akan terlihat penuh dan sempit. Oleh karena itu, Anda bisa meninggikan langit-langit rumah Anda untuk memberikan sentuhan yang lebih longgar. Tinggi langit-langit yang ideal yaitu antara 7 atau 8 meter. Selain dapat memberikan aksen yang lebih luas, langit-langit yang tinggi juga mempunyai manfaat penting untuk sirkulasi udara yang lebih baik. Dengan demikian, ruang tamu Anda akan menjadi lebih segar karena sirkulasi yang lancar.

Tanaman Dalam Ruangan

Anda dapat meletakkan beberapa tanaman dalam ruangan untuk menghiasi sudut ruang tamu Anda. Agar tidak terlihat penuh, maka pilihlah tanaman yang berukuran sedang. Menghiasi ruang tamu dengan tanaman bukan hanya membuatnya terlihat sedikit luas namun juga mempunyai banyak manfaat lainnya. Desain taman di dalam ruang tamu tersebut dapat menyerap polusi dari asap rokok dan membuat rumah terasa segar dengan warnanya yang hijau.

Rak Dinding

Untuk ruangan minimalis Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak furniture karena hanya akan membuatnya semakin sempit. Anda dapat menggunakan rak dinding dengan ukuran yang besar sehingga dapat digunakan menyimpan banyak barang. Selain terlihat lebih rapi, rak dinding juga cocok untuk menghemat tempat.

Master Rumah

Bagi Anda yang berencana membangun rumah baru atau ingin mempercantik desain interior setiap ruang Anda maka dapat menggunakan jasa dari Master Rumah. Anda dapat mempercayakan rumah Anda karena akan dibanggun menggunakan material yang berkualitas sehingga rumah Anda akan lebih kokoh.

Jika Anda masih belum mempunyai ide tentang rumah yang akan Anda bangun maka Master Rumah siap memberikan solusi terbaik. Solusi tersebut sangat lengkap mulai dari informasi rumah, bangunan, rancangan rumah, dekorasi hingga desain interior dan eksterior. Anda juga dapat mengkonsultasikan rumah minimalis Anda agar terlihat lebih luas dengan desain yang elegan.