tumbuh kembang bayi 6 bulan
tumbuh kembang bayi 6 bulan

6 bulan telah berlalu sejak Anda pertama kali menyapa malaikat Anda, waktu telah berlalu begitu cepat. Sebagai ibu yang penyayang, Anda ingin merawat bayi Anda agar bisa merasakan tumbuh kembang bayi 6 bulan. Jadi ada kalanya Anda merasa terlalu sibuk untuk berhenti sejenak. Itu juga tidak baik untuk ibu dan anak. 

Anda harus mengatur waktu untuk bermain dengan anak Anda, mengawasinya. Nikmati perasaan bahagia saat memiliki bayi yang begitu cantik. Saat-saat relaksasi dan ketenangan inilah saat Anda memberi bayi Anda perawatan paling berharga yang dapat diterima.

Tonggak Perkembangan Si Kecil

Tumbuh kembang bayi 6 bulan ditandai dengan bisa berdiri dengan kedua kaki sebentar, tentunya dengan bantuan orang dewasa yang memegang kedua tangannya. Anak-anak harus belajar keseimbangan, yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk berlatih. Anda bisa mencoba melihat wajah bayi dengan konsentrasi penuh sambil mencoba melakukan ini. 

 tumbuh kembang bayi 6 bulan
tumbuh kembang bayi 6 bulan

Bulan keenam juga merupakan saat banyak bayi mulai duduk sendiri, namun hanya sebentar. Bayi sering jatuh ke depan atau ke samping, Anda perlu memperhatikannya dengan cermat. Mungkin juga bayi Anda tidak tertarik untuk duduk, dan Anda juga tidak boleh memaksanya untuk berlatih. 

Bayi Anda yang berusia 6 bulan juga akan mulai tumbuh gigi, jadi periksalah gusi bayi Anda apakah ada yang tidak biasa. Gigi pertama yang muncul biasanya adalah gigi premolar bawah. Bila bayi Anda memiliki 1 atau 2 gigi, perhatikan perawatan gigi bayi Anda dengan handuk basah setiap hari.

Jaga Makanan Bayi Anda Pada Usia 6 Bulan

Pada usia 6 bulan, sebagian besar bayi akan menerima makanan padat pertama dari ibunya. Namun ada juga yang sudah diberi makan sebelumnya, dan sudah mengunyah makanannya dengan nikmat.

Perlu diketahui bahwa tumbuh kembang bayi 6 bulan secara bertahap akan kehilangan jumlah zat besi yang sudah tersedia di dalam tubuhnya sejak dalam kandungan, dan perlu ditambah. ASI tidak banyak mengandung zat besi. 

Jadi salah satu makanan penyapihan pertama bayi Anda adalah sereal, yang dapat memberikan banyak zat besi. Vitamin C pada makanan ini akan membantu metabolisme zat besi dalam tubuh, buah tumbuk ini memiliki rasa yang menarik dan lembut sehingga anak-anak akan menyukainya.

CERELAC Bubur Sereal merupakan alternatif yang tepat sebagai MPASI, yang kaya akan gizi dan nutrisi, untuk memenuhi kebutuhan si kecil saat tumbuh kembang.