Bubur Tim Bayi 6 Bulan
Bubur Tim Bayi 6 Bulan

Membuat makanan pelengkap ASI atau MPASI pada dasarnya cukup mudah. MPASI sudah bisa diberikan kepada anak yang sudah berusia 6 bulan. Ada banyak sekali bahan yang bisa digunakan untuk membuat bubur tim bayi 6 bulan. Nah, di sini kami akan coba memaparkan cara-caranya kepada Anda.

1.      Pilih Bahan Utama

Bahan utama pada pembuatan bubur tim cukup bervarian. Anda bisa memilih beras putih, beras merah, oat, atau gandum. Silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Semakin bagus bahannya, semakin baik untuk si kecil. Contohnya jenis beras merah yang memiliki kandungan serat lebih baik dibandingkan beras putih biasa.

2.      Pilih Sumber Protein Hewani  

Protein hewani adalah bagian penting di dalam pembuatan bubur. Anda bisa menggunakan beberapa bahan. Mulai dari hati ayam, hati sapi, daging ayam, maupun ikan. Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Karena protein hewani ini sangat bagus untuk mereka.

Bubur Tim Bayi 6 Bulan
Bubur Tim Bayi 6 Bulan

3.      Campurkan Sayuran

Dalam pembuatan bubur tim untuk anak-anak, Anda wajib memasukkan sayuran ke dalamnya. Selain memiliki banyak manfaat, juga agar si kecil terbiasa dengan sayuran sejak dini. Ada banyak jenis sayuran yang bisa Anda gabungkan. Mulai dari bayam, brokoli, wortel, tomat, dan lainnya.

4.      Buah-Buahan Sebagai MPASI

Sayuran, daging, atau dua campuran dari sayuran dan daging tidaklah cukup. Sesekali Anda coba berikan si kecil buah-buahan untuk makanan pelengkap ASI. Ada banyak buah-buahan yang bisa Anda pilih. Misalnya seperti pisang, apel, jeruk, dan masih banyak lainnya. Banyak kandungan bermanfaat pada buah-buahan yang bagus untuk anak-anak.

5.      Olah Secara Tepat

Pengolahan bubur bayi sama seperti bubur biasa. Namun Anda harus mengolahnya secara tepat. Untuk sayuran, pastikan Anda memasaknya di akhir agar tidak terlalu matang. Namun Anda juga tidak boleh terlalu cepat saat memprosesnya. Pengolahan yang tepat akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil bubur yang optimal.

Demikian informasi cara membuat bubur tim bayi 6 bulan. Bagaimana, mudah bukan? Untuk Anda yang ingin cepat saat memprosesnya, Anda bisa memberikan bubur Cerelac yang memiliki banyak kandungan terbaik untuk anak-anak. Semoga bermanfaat.