Social Media CampaignSocial Media Campaign

Apa yang Anda tahu tentang hubungan bisnis dan media sosial? Sebagai pebisnis di era digital, apa yang perlu Anda terapkan adalah melakukan pemasaran dengan memanfaatkan media digital. Sekarang saatnya untuk mengenal social media campaign dan apa saja perannya dalam dunia bisnis. Sudah banyak brand yang menerapkan kampanye media sosial dan sukses mendapatkan lebih banyak konsumen.

Hal pertama yang Anda butuhkan adalah perhatian dari publik. Bagaimana publik menilai produk dan mengamatinya di media sosial Anda. Setelah itu, lakukan pendekatan dengan berbagai cara untuk membuat audiens lebih tertarik dengan cara pemasaran yang Anda lakukan.

Apa itu Kampanye Media Sosial?

Kampanye media sosial merupakan sistem pemasaran terarah untuk mempromosikan informasi mengenai suatu produk melalui media sosial. Bukan hanya sekedar share konten, kampanye media sosial memiliki target pasar tertentu secara fokus. Banyak brand telah menerapkan konsep ini dengan tema tertentu.

Penentuan tema diperoleh berdasarkan riset yang akurat dan mendalam untuk dieksekusi sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Apa Saja Tujuan dan Kampanye Media Sosial?

Bukan tanpa tujuan dan manfaat, kampanye media sosial memiliki goal dan benefit untuk pebisnis yang melakukannya. Beberapa tujuannya adalah sebagai berikut:

  • Menciptakan hubungan yang baik dengan customer serta menjaga hubungan tersebut agar tetap baik.
  • Membangun brand awareness, meningkatkan traffic website, dan membangun hubungan dengan audiens melalui media sosial.
  • Meningkatkan penjualan jasa maupun produk suatu bisnis.

Sebelum memulai kampanye media sosial, Anda perlu menentukan target pasar terlebih dahulu, menentukan tema, serta mengamati bagaimana kompetitor melakukan kampanye media sosial mereka. Lalu, apa saja manfaat yang diperoleh jika Anda berhasil menerapkan strategi ini? Berikut ulasannya:

Social Media Campaign
  • Menjangkau Banyak Konsumen

Manfaat yang pertama tentunya bisa menjangkau lebih banyak konsumen lewat media sosial sesuai dengan target pasar. Sebagaimana yang Anda tahu bahwa sebelum melakukan kampanye harus mengetahui pasarnya lebih dulu, setelah itu Anda bisa menggunakan target pasar untuk berkampanye. Melakukan kampanye media sosia ini lebih efektif karena Anda bisa langsung mencari siapa saja yang cocok untuk bisnis ini, bahkan dengan mengetahui umur dari target pasar.

  • Aktivitas Marketing Terkontrol

Aktivitas marketing yang dilakukan melalui media sosial bisa lebih terukur dan terkontrol jika dibandingkan dengan metode konvensional. Apalagi media sosial telah menyediakan berbagai fitur menarik untuk mengukur jumlah konsumen yang mengunjungi bisnis Anda berdasarkan hasil kampanye, bagaimana tingkat konsumen bisa berinteraksi dengan bisnis, serta berapa jumlah followers yang berhasil bertambah.

  • Strategi Lebih Praktis

Kampanye media sosial terbukti lebih efektif, efisien, dan praktis. Bahkan harganya lebih terjangkau karena biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan dengan memasang iklan di beberapa media konvensional. Beberapa bisnis memilih untuk menerapkan kampanye media sosial secara organik, sehingga mereka tak perlu memikirkan biaya apapun.

Apakah Peran Kampanye Media Sosial Penting?

Melihat banyaknya keuntungan dari kampanye media sosial ini, maka perannya sudah pasti penting sekali untuk perkembangan bisnis. Apalagi jika  ingin bisnis berkembang dengan lebih cepat. Pasalnya sudah banyak brand terkenal yang berhasil melakukannya.

Jadi, apa yang ingin Anda lakukan sekarang? Jika ingin melakukan social media campaign yang lebih profesional dengan tingkat keberhasilan tinggi, lebih baik melakukan kerjasama langsung dengan IDEOWORKS.id sehingga tujuan bisnis Anda bisa tercapai dengan lebih optimal.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *