Belajar Fotografi
Belajar Fotografi

Belajar fotografi dasar bukan hanya soal kamera, menekan tombol shutter, atau bagaimana teknik memotret. Hal yang tidak kalah penting dalam belajar fotografi dasar adalah dengan memulai untuk memahami  lensa kamera. Dengan memahami jenis lensa kamera, Anda dapat memilih jenis lensa kamera yang tepat dan sesuai untuk menghasilkan foto-foto ekspresif yang Anda inginkan.

Berikut ini adalah beberapa hal mengenai lensa kamera yang harus Anda pahami.

1. Focal Length

Dalam belajar fotografi ini Anda harus memahami karakteristik utama dari sebuah lensa adalah focal length. Focal length didefinisikan sebagai jarak dari pusat optik lensa ke titik fokus yang terletak pada sensor dalam satuan mm. Focal length menentukan seberapa lebar sudut pandang lensa.

Belajar Fotografi

2. Lens Ratio

Ketika Anda melihat sisi depan lensa, maka akan tampak angka (1:2.8, 1:2.8-4, 1:3.5-5.6, dsb) yang merupakan aperture maksimal dari lensa. Aperture menentukan banyaknya cahaya masuk ke lensa untuk dikirimkan ke sensor gambar. Beberapa jenis lensa kamera yang dapat menjadi pilihan Anda untuk memotret, antara lain: salah satunya adalah lensa Standar. Lensa standar memiliki focal length yang baku (50 mm, 85 mm, 100 mm) dan menghasilkan gambar sesuai dengan apa yang mata manusia lihat. Kemudian Lensa Wide Angle. Lensa wide angle ini juga memiliki focal length yang lebih rendah (10 mm – 42 mm) jika dibandingkan dengan lensa standar. Lensa ini memungkinkan Anda untuk memperoleh angle yang lebih luas. Bagus untuk memotret outdoor.

3. Lensa Telephoto

Lensa telephoto sering disebut juga sebagai lensa tele (100 mm – 800 mm). Panjang lensa ini memungkinkan Anda untuk memperpendek jarak dan mempertajam objek dari jarak jauh. Lensa tele ini sangat baik digunakan untuk fotografi jenis wild life, potrait, sport dan juga dokumenter.

Dalam memahami Belajar fotografi di IDS banyak sekali pilihan lensa kamera dengan berbagai macam fitur yang dibawanya. Di sini kreativitas seorang fotografer diperlukan dalam pemilihan lensa yang tepat untuk menampilkan hasil foto yang diinginkan.